Friday, 6 Rabiul Awwal 1442 / 23 October 2020

Friday, 6 Rabiul Awwal 1442 / 23 October 2020

Dukung Pembelajaran Jarak Jauh, UBSI Terapkan E-Learning

Kamis 03 Sep 2020 19:08 WIB

Red: Irwan Kelana

UBSI Kampus Tegal menggelar Bincang Kampus Orang Tua (BKOT) yang antara lain membahas E-Learning.

UBSI Kampus Tegal menggelar Bincang Kampus Orang Tua (BKOT) yang antara lain membahas E-Learning.

Foto: Dok UBSI
Sebagai kampus digital UBSI sudah lama menerapkan E-Learning.

REPUBLIKA.CO.ID, TEGAL -- Dampak pandemi Covid-19 membuat perubahan besar dalam dunia pendidikan. Salah satunya setiap perguruan tinggi mengeluarkan kebijakan kuliah daring (E-Learning). Sebagai salah satu cyber campus, Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) ikut mengambil andil dalam mencegah penyebaran Covid-19 dengan menerapkan proses pembelajaran daring.  

Warjiyono, kaprodi Sistem Informasi UBSI Kampus Tegal menjelaskan bagaimana proses E-Learning dalam acara Bincang Kampus Orang Tua (BKOT) dengan tema yang bertajuk ‘Transformasi Sistem Pendidikan Tinggi dalam Menyiapkan Lulusan Bertalenta Digital’ secara live melalui platform Zoom’, Rabu(2/9). 

“Sebelum adanya pandemi Covid-19, sebagai kampus digital UBSI sudah lama menerapkan E-Learning. E-Learning merupakan sistem pembelajaran berbasis online yang terhubung internet dengan didukung konten-konten dalam bentuk digital. Laman e-learning UBSI dapat diakses di laman http://elearning.bsi.ac.id/ubsi/.Sedangkan pada aplikasi mobile dapat mengunduh aplikasi Moodle lalu memasukkan url laman e-learning UBSI,” ujar Warjiyono seperti dikutip dalam rilis yang diterima Republika.co.id. 

Pakar di bidang Sistem Informasi ini mengungkapkan, bahwa fitur e-learning UBSI dibagi menjadi dua. Pertama,  mengajar  berpusat pada mahasiswa secara online melalui Email, Blogs, Diskusi online dan rekaman hasil seminar online. Kedua, mengajar secara langsung dengan mahasiswa secara online melalui live webinar, pesan instan (WA/Telegram), Video Conferencing, dan Virtual Classroom. 

“Melalui e-learning, kampus UBSI memfasilitasi mahasiswa dalam pembelajaran jarak jauh untuk meningkatkan kualitas pendidikan berbasis online sehingga mencetak mahasiswa-mahasiswa yang sukses dan berkompeten,” tutupnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA