Kamis 03 Sep 2020 14:28 WIB

Ular Sanca Berukuran Tiga Meter Ditemukan di Taman Sari

Ular sanca itu muncul dari saluran air drainase ke arah rumah warga.

Rep: Akhmad Nursyeha/ Red: Andi Nur Aminah
Petugas Sudin Gulkarmat Jakarta Barat mengevakuasi ular sanca sepanjang tiga meter yang ditemukan di permukiman Taman Sarim Jakarta Barat, Kamis (3/9).
Foto: Dok Sudin Gulkarmat Jakbar
Petugas Sudin Gulkarmat Jakarta Barat mengevakuasi ular sanca sepanjang tiga meter yang ditemukan di permukiman Taman Sarim Jakarta Barat, Kamis (3/9).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seekor ular sanca berukuran tiga meter ditemukan di Jalan Taman Sari Tiga RT 03 RW 03, Kelurahan Maphar, Taman Sari, Jakarta Barat. Ular tersebut berhasil dievakuasi oleh Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyalamatan (Sudin Gulkarmat) Jakarta Barat pada pukul 10.25 WIB, Kamis (3/9).

Ular yang muncul dari saluran air drainase ke arah rumah warga itu sempat dievakuasi oleh warga setempat. Namun, ukuran ular yang besar membuat upaya warga gagal hingga akhirnya mereka menghubungi pihak pemadam kebakaran untuk mengevakuasi ular itu.

Baca Juga

Anggota Satpol PP Taman Sari, Junaidi yang melaporkan penemuan ular tersebut mengatakan, ular muncul sekira pukul 10.25 WIB. Warga yang melapor penemuan ular tersebut sempat berusaha untuk mengevakuasinya, namun gagal lantaran ukuran ular yang besar sulit untuk ditangkap.

"Penemuannya sekitar pukul 10 lebih. Jadi ada warga laporan di got ada ular, sempat mau ditangkap tapi enggak berhasil karena ukurannya gede, akhirnya kita tindak lanjut ke damkar buat dievakuasi," ujar Junaidi saat dikonfirmasi, Kamis (3/9).

Junaidi menambahkan, penemuan ular sanca di wilayahnya baru kali ini kembali terjadi setelah cukup lama. "Dulu pas banjir sudah pernah juga ada penemuan ular, tapi enggak segede ini," kata dia.

Sementara, Kasie Operasional Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyalamatan (Sudin Gulkarmat) Jakarta Barat, Eko Sumarno mengatakan, pihaknya mengerahkan empat anggotanya untuk mengevakuasi ular tersebut. Dalam proses evakuasi, petugas Damkar Taman Sari menggunakan tongkat penjepit untuk mengvakuasi ular itu.

Eko menambahkan, sekira 30 menit evakuasi terhadap ular itu berhasil dilakukan oleh pihak damkar. "Kita sudah amankan agar tak meresahkan warga karena ukurannya cukup besar mencapai sekitar tiga meter," kata Eko.

Ular sanca yang berhasil dievakuasi lalu dimasukkan ke dalam karung besar. Selanjutnya ular dibawa oleh pihak Damkar Taman Sari. n. Akhmad Nursyeha

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement