Kamis 03 Sep 2020 08:55 WIB

BNPB Kucurkan Rp 1,5 Miliar Tangani Covid Ponpes Banyuwangi

BNPB turun tangan dalam membantu penanganan klaster Covid-19 di Ponpes Darussalam

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Esthi Maharani
BNPB turun tangan dalam membantu penanganan klaster Covid-19 di lingkungan Pondok Pesantren Darussalam, Blokagung, Banyuwangi
Foto: Dok BNPB
BNPB turun tangan dalam membantu penanganan klaster Covid-19 di lingkungan Pondok Pesantren Darussalam, Blokagung, Banyuwangi

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Pemerintah pusat melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) turun tangan dalam membantu penanganan klaster Covid-19 di lingkungan Pondok Pesantren Darussalam, Blokagung, Banyuwangi yakni dengan penyaluran sejumlah bantuan. Di antaranya dana talangan senilai Rp 1,5 miliar yang dipergunakan untuk kebutuhan mendesak di Ponpes yang memiliki 6.000 santri tersebut.

Selain itu, BNPB juga telah mengirimkan bantuan 500 velbed (tempat tidur portabel), 20 unit tenda BNPB, dan 20 unit toilet portable. Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo juga mengirimkan bantuan ikan tuna sebanyak 4 ton dan minyak kayu putih 100 cc sebanyak 6.000 botol.

"Semua bantuan dari BNPB telah kami terima. Kami berterima kasih sekali pada BNPB yang memberikan perhatian besar pada Jawa Timur dengan bantuan penanganan yang komprehensif pada kasus di pesantren tersebut," kata tenaga ahli Penanganan Covid-19 dan Kebencanaan BPBD Jatim, Suban Wahyudiono, Kamis (3/9).

Khusus sejumlah peralatan posko, ia memastikan semuanya telah difungsikan di lingkungan Posko Covid-19 dan dapur umum. Posko dan dapur umum tersebut dibangun di Lapangan Kaligesing Desa Karangmulyo, Kecamatan Tegalsari, Kabupaten Banyuwangi.

"Kemarin Ibu Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa juga telah meninjau langsung lokasi pondok yang terpapar Covid-19. Kami semua lintas sektor lintas instansi bersama sama satu tujuan agar temuan klaster di pesantren di Blokagung segera selesai," ujar Suban.

Pengasuh Ponpes Darussalam Blokagung Nihayatul Wafiroh pun langsung menyampaikan rasa terima kasih atas bantuan yang diterima. Ia berkeyakinan bantuan tersebut sangat membantu proses karantina para santrinya, termasuk untuk meningkatkan imunitas para santri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement