Kamis 03 Sep 2020 08:37 WIB

Inovasi Travelogistic Citilink Meraih Penghargaan

Pengembangan lini bisnis kargo menjadi sumber pendapatan utama Citilink masa pandemi

Rep: rahayu subekti/ Red: Hiru Muhammad
Pesawat khusus kargo Citilink Indonesia resmi  beroperasi setelah Lebaran Idul Fitri 2020.
Foto: Citilink Indonesia
Pesawat khusus kargo Citilink Indonesia resmi beroperasi setelah Lebaran Idul Fitri 2020.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA – Maskapai berbiaya hemat Citilink Indonesia k meraih penghargaan khusus sebagai perusahaan dengan inovasi respon strategis di masa pandemi atas inovasi travelogistic. Penghargaan tersebut didapatkan melalui ajang IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia 2020 pada Rabu (2/9).

“Seiring dengan menurunnya pendapatan penumpang di masa pandemi dan meningkatnya industry e-commerce serta kebutuhan pasar logistik di Indonesia, Citilink mengambil peluang travelogistic,” kata Direktur Utama Citilink Juliandra, dalam pernyataan tertulisnya, Rabu (2/9) malam.

Dia menjelaskan, hal tersebut merupakan inovasi pengembangan lini bisnis kargo. Beberapa diantaranya dilakukan dengan dengan mengkonversi pesawat penumpang berjenis B737-500 menjadi freighter atau pesawat khusus kargo dan membuka layanan charter kargo ke berbagai destinasi.“Kami juga menambah kapasitas bisnis kargo dengan mendayagunakan pesawat-pesawat reguler penumpang untuk mengangkut kargo,”tutur Juliandra.

Juliandra menjelaskan pengembangan lini bisnis kargo menjadi sumber pendapatan utama Citilink pada awal masa pandemi. Lini bisnis kargo Citilink menurutnya memberikan kontribusi pendapatan yang meningkat dari 9 persen menjadi 45 persen.“Selama masa pembatasan penerbangan, Citilink memaksimalkan utilisasi pesawat dengan mengoperasikan 20 persen armadanya sebagai angkutan kargo,” ujar Juliandra. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement