Friday, 9 Jumadil Akhir 1442 / 22 January 2021

Friday, 9 Jumadil Akhir 1442 / 22 January 2021

Donasi Muslim Inggris Ramadhan 2020 Tembus RP 3 Triliun 

Rabu 02 Sep 2020 16:58 WIB

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Nashih Nashrullah

Muslim Inggris mendonasikan dana mereka selama Ramadhan tembus Rp 3 T. Bendera Inggris

Muslim Inggris mendonasikan dana mereka selama Ramadhan tembus Rp 3 T. Bendera Inggris

Foto: Andi Rain/EPA-EFE
Muslim Inggris mendonasikan dana mereka selama Ramadhan tembus Rp 3 T.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON – Sebuah survei baru-baru ini menemukan bahwa Muslim di Inggris menyumbangkan lebih dari 150 Juta pound atau sekitar Rp 3 triliun untuk amal selama Ramadhan tahun ini.

Jajak pendapat tersebut dilakukan Give Brite, sebuah platform penggalangan dana dan donasi online berbasis di Oldham. 

Survei, yang mencakup lebih dari 25 badan amal, mengungkapkan bahwa umat Islam lebih murah hati dalam 'Lockdown Ramadan' dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Baca Juga

CEO Give Brite, Ali Shaan mengatakan, penggalangan dana daring berkembang pesat setiap tahun, Covid-19 telah memainkan peran besar dalam mengapa orang telah menyumbang begitu banyak. 

"Ketika menghadapi bencana, umat Islam berpaling kepada Tuhan dan melakukan perbuatan baik ekstra dan memberi lebih banyak untuk amal.  Inilah mengapa ada lonjakan donasi tahun ini." kata Ali Shaan dilansir di Asian Image, Rabu (2/9).

Meski tak bisa melakukan kegiatan kampanye standar seperti acara komunitas dan ember koleksi di masjid, penggalangan dana selama Ramadhan 2020 lebih baik dari yang diharapkan.

Pada 2018, penelitian menemukan bahwa 130 juta pound terkumpul selama Ramadan. Jadi ada sekitar 20 juta pound peningkatan amal tahun ini.

Menurut Civil Society News, Muslim Hands mengumpulkan 2 juta pound selama tiga malam di Islam Channel. Tahun lalu, TV serupa menghasilkan total 390 ribu pound.

Platform penggalangan dana MyTenNights, melaporkan bahwa kontribusinya meningkat dua kali lipat dibandingkan tahun lalu. Mereka mengungkapkan bahwa 100 ribu orang membantu mengumpulkan 10,9 juta pound untuk berbagai kegiatan amal selama sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan dibandingkan dengan 4,3 juta pound pada 2019.

Pada 2015 menurut perkiraan Bank Dunia, kontribusi Zakat global tahunan bernilai antara 152 miliar hingga sekitar 763 miliar pound.

Menanggapi pandemi Covid-19, umat Islam telah memberikan lebih banyak amal daripada biasanya. Survei Pew Research Center terhadap lebih dari 38 ribu Muslim di 39 negara menemukan bahwa 77 persen mengatakan mereka menyumbang untuk amal.

Sumber:  https://www.asianimage.co.uk/news/18688738.ramadan-2020-saw-record-breaking-donations-uk/

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA