Rabu 02 Sep 2020 15:18 WIB

Yoshihide Suga akan Umumkan Pencalonan PM Jepang

Yoshihide Suga telah mendapat dukungan dari faksi terbesar LDP.

Rep: Lintar Satria/ Red: Nur Aini
Yoshihide Suga
Foto: EPA
Yoshihide Suga

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Juru bicara utama pemerintah Jepang, Yoshihide Suga akan menggelar konferensi pers. Media Negeri Sakura memprediksi Sekretaris Kabinet itu akan mengumumkan pencalonannya dalam pemilihan ketua partai berkuasa yang akan menggantikan posisi Perdana Menteri Shinzo Abe.

Suga yang dikenal sebagai tangan kanan Abe diam-diam berniat maju dalam pemilihan ketua Liberal Democratic Party (LDP). Kantor berita Reuters melaporkan Suga akan menggelar konferensi pers pada Rabu (2/9) sore waktu setempat.

Baca Juga

Suga juga telah memenangkan dukungan dari faksi terbesar LDP. Sehingga, menjadi kandidat kuat untuk menggantikan Abe, yang tiba-tiba mengumumkan pengunduran dirinya karena alasan kesehatan pada Jumat (28/8) lalu.

Ketua LDP hampir pasti akan menjadi perdana menteri karena mayoritasnya ada di majelis rendah parlemen. Suga diharapkan mengikuti strategi 'Abenomics', kebijakan yang ditetapkan Abe untuk membangkitkan ekonomi Negeri Sakura.

Seorang politisi mandiri, Suga dipilih oleh Abe pada 2012 untuk peran penting sebagai sekretaris kabinet. Ia bertindak sebagai juru bicara pemerintah, mengkoordinasikan kebijakan, dan mengawasi kinerja birokrat.

Saingan terberat Suga adalah mantan menteri pertahanan Shigeru Ishiba dan mantan menteri luar negeri Fumio Kishida. Keputusan para pemimpin LDP untuk mencegah anggota partai tanpa jabatan mengikuti pemungutan suara memberi keuntungan yang besar pada Suga. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement