Friday, 6 Rabiul Awwal 1442 / 23 October 2020

Friday, 6 Rabiul Awwal 1442 / 23 October 2020

Korea Utara Persiapkan Parade Militer Besar-besaran

Rabu 02 Sep 2020 12:07 WIB

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nur Aini

Parade Militer Korea Utara (Korut)

Parade Militer Korea Utara (Korut)

Parade militer diperkirakan untuk menandai ulang tahun Partai Buruh Korea Utara

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Pasukan Korea Utara (Korut) sedang berlatih untuk parade militer besar di tengah pembatasan sosial karena pandemi virus corona. Berdasarkan citra satelit yang dianalisis oleh 38 North menunjukkan formasi pasukan dan kendaraan di Lapangan Latihan Parade Mirim, di pinggiran ibu kota Pyongyang pada Senin (31/8).

“Korea Utara secara luas diperkirakan akan mengadakan parade militer besar pada 10 Oktober tahun ini untuk menandai ulang tahun ke-75 Partai Buruh Korea,” kata laporan 38 North.

Gambar citra satelit itu memberikan bukti bahwa pasukan militer Korut sedang menjalankan sebuah latihan. Fasilitas Mirim biasanya digunakan oleh pasukan yang berlatih untuk parade militer.

Baca Juga

Parade militer berlangsung di Lapangan Kim Il Sung, di Pyongyang. Parade militer tersebut dihadiri oleh para pejabat tinggi, termasuk Pemimpin Korut Kim Jong-un. 38 North mengatakan, parade militer kemungkinan akan digelar pada 10 Oktober dan menjadi hari libur nasional di Korut.

Persiapan parade militer telah ditunda selama beberapa kali karena pandemi virus korona dan cuaca buruk yang melanda Korut. Dalam beberapa bulan terakhir, Korut telah membangun sekitar 100 garasi permanen di fasilitas Mirim. 38 North mengatakan, pembangunan garasi ini menimbulkan kesulitan untuk mengamati kendaraan apa saja yang keluar masuk di fasilitas tersebut.

"Banyak jejak ban di area beton yang baru, hal ini menunjukkan ada aktivitas berat yang terjadi di dalam (fasilitas Mirim) dan sekitar garasi," kata laporan 38 North.

Korut menggelar parade militer untuk memamerkan persenjataan rudal balistik. Namun, rudal balistik Korut belum dipamerkan lagi sejak putaran diplomasi internasional pada 2018. 

sumber : Reuters
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA