Rabu 02 Sep 2020 07:05 WIB

4 Kepala Daerah di Sumbar Terpapar Covid

Keempat kepala daerah tersebut tergolong tanpa gejala dan sedang menjalani isolasi

Rep: Febrian Fachri/ Red: Andi Nur Aminah
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno
Foto: Republika/Febrian Fachri
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Sudah ada empat orang kepala daerah di Sumatra Barat dinyatakan positif tertular Covid-19. Pertama adalah Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz, kedua Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni, ketiga Wali Kota Solok Zul Elfian dan teranyar adalah Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan empat kepala daerah ini tegolong orang tanpa gejala (OTG). Ia optimistis Erwin, Ali Mukhni, Zel Elfian dan Hendri Septa akan segera sembuh setelah beberapa hari isolasi.

Baca Juga

"Alhamdulillah kepala daerah di Sumbar yang terpapar covid dalam keadaan baik. Semuanya tidak ada gejala atau penyakit penyerta. Semuanya ada perkembangan baik dan mendekati sembuh," kata Irwan Prayitno di Kantor Gubernur Sumbar, Selasa (1/9).

Erwin Yunaz tertular karena sempat ada kontak dengan salah satu pasien positif sebelumnya yang ada di Kota Padang. Erwin dinyatakan positif pada Rabu (19/8). Erwin mengakui dirinya terpapar virus corona jenis baru karena tidak memakai masker di saat sudah lelah beraktivitas.

"Saya selalu disiplin protokol kesehatan. Selalu memakai masker. Tapi ada suatu kondisi saya abai dan ternyata kontak dengan pasien positif," ucap Erwin saat video conference dengan media.

Erwin menjalani penanganan proses penyembuhan dengan isolasi mandiri. Di mana ia diawasi dengan ketat oleh tim medis. Erwin mengaku selama isolasi, ia tidak merasakan gejala apapun. Ia yakin dapat sembuh dalam waktu dekat dapat sembuh atau dinyatakan negatif Covid-19.

Ali Mukhni dilaporkan positif covid pada Ahad (23/8). Ali terpapar setelah kembali dari Jakarta. Semula Ali Mukhni menjalani perawatan di Rumah Sakit Semen Padang. Kini politikus PAN itu sudah melanjutkan proses isolasi di rumah secara mandiri. 

Berikutnya Wali Kota Solok Zul Elfian dinyatakan positif Covid-19 pada Kamis (27/8). Sebelum dinyatakan positif, Zul mengaku kehilangan indra penciuman. Barulah setelah dilakukan tes swab, Zul dinyatakan positif telah mengidap virus corona di tubuhnya. Sampai sekarang, Wako Solok masih menjalani isolasi mandiri di rumah.

Wawako Padang Hendri Septa dinyatakan positif Covid-19 pada Senin (31/8). Konformasi positif Hendri Septa ini bersamaan dengan Sekda Padang Amasrul. Keduanya sama-sama terpapar setelah baru kembali dari Jakarta.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement