Selasa 01 Sep 2020 18:49 WIB

DKI Siapkan Mobile Lab, Percepat Penanganan Covid-19

Mobile Lab ini siap melakukan pemeriksaan PCR dengan kapasitas 300 sampel per hari.

Rep: Amri Amrullah / Red: Agus Yulianto
Petugas kesehatan mengenakan APD melintas di dekat mobil laboratorium Covid-19.
Foto: Didik Suhartono/ANTARA FOTO
Petugas kesehatan mengenakan APD melintas di dekat mobil laboratorium Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Kesehatan dan Labkesda Provinsi DKI Jakarta akan menghadirkan mobil laboratorium atau Mobile Lab. Keberadaannya untuk mempercepat penanganan Covid-19. Langkah ini berkat kolaborasi Pemprov DKI bersama Human Initiative dan Agile innovation (Ai) Labs.

Kepala Laboratorium Kesehatan Daerah Provinsi DKI Jakarta Endra Muryanto mengatakan, inovasi mobil laboratorium tersebut dihadirkan untuk membantu mempercepat penanganan pemeriksaan Covid-19 menggunakan metode Polymerase Chain Reaction (PCR) di ibu kota.

"Jadi Mobile Lab ini nanti siap untuk melakukan pemeriksaan PCR. Kapasitas tes maksimal per hari 300 sampel," ujar Endra, Selasa (1/9).

Hasil sampelnya akan diswab kemudian dilakukan pemeriksaan di dalam laboratorium. Kemudian di Mobile Lab ini akan dilengkapu fasilitas proses mix PCR, dan ekstraksi sampel, di dalam ruangannya juga sudah negative pressure.

Endra menjelaskan, terdapat tiga buah Mobile Lab yang akan selesai dan siap beroperasi pada minggu ke-4 akhir bulan September mendatang. Dia berharap, hadirnya mobil laboratorium tersebut dapat membantu memenuhi kebutuhan tes Covid-19 di DKI Jakarta.

Adapun lokasi, jadwal keliling mobil, serta persyaratan bagi warga yang akan melakukan pemeriksaan di Mobile Lab tersebut akan diinformasikan setelah mobil telah memenuhi syarat uji laboratorium.

Sementara itu, Senior General Manager Project Manajemen Human Initiative, Ferry Suranto menambahkan, kesiapan Mobile Lab tersebut telah mencapai tahap 80 persen. Semua peralatan laboratorium telah disesuaikan dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang ditentukan dan membantu menghadirkan laboratorium pendamping di DKI Jakarta.

"Mobile Lab ini nanti fungsinya seperti laboratorium keliling, untuk menjangkau tempat-tempat yang ditemukan kasus lebih banyak," katanya.

Sehingga, lanjut dia, Mobile Lab. ini dapat mendukung fasilitas laboratorium yang sudah ada. Dan ketika ditemukan kasus positif serta penyebaran orangnya ada di wilayah tersebut, maka Mobile Lab. akan mendatangi wilayah-wilayah yang berpotensi kasus baru tersebut.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement