Selasa 01 Sep 2020 14:33 WIB

Van Dijk Kecewa Koeman Tinggalkan Timnas Belanda

Koeman terpilih menjadi pengganti Quique Setien di Barcelona.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Israr Itah
Pelatih Barcelona Ronald Koeman
Foto: EPA-EFE/Alejandro Garcia
Pelatih Barcelona Ronald Koeman

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM -- Bek timnas Belanda, Virgil Van Dijk mengaku kecewa melihat Ronald Koeman meninggalkan skuat De Oranje demi melatih Barcelona. Namun, ia menghormati keputusan sang pelatih. 

Koeman terpilih menjadi pengganti Quique Setien setelah Barcelona dihajar Bayern Muenchen dengan skor 2-8 di perempat final Liga Champions musim lalu. 

Baca Juga

Koeman yang pernah menjadi bek Barcelona langsung menyambut tawaran dadakan tersebut alih-alih memimpin timnas Belanda di Euro 2020. Karena pandemi virus corona melanda dunia, turnamen akbar antarbangsa Eropa itu ditunda hingga tahun depan.

"Kami semua kecewa melihat pelatih hebat pergi. Tapi kami menghargainya sepenuh hati," kata Van Dijk seperti dilansir Goal International, Selasa (1/9). 

"Kalian bisa tanya seluruh pemain di dalam skuat, mereka akan mengatakan hal serupa. Itu (melatih Barcelona) adalah mimpinya," kata dia. 

"Di waktu seperti ini ketika (virus) corona datang dan tidak pastinya turnamen. Saya bisa paham jika ada kesempatan datang," ujarnya. 

Van Dijk menyampaikan, Koeman juga sudah menghubunginya sebelum menandatangani kontrak bersama Barcelona. Hal inilah yang membuat bek Liverpool itu mengerti keadaan sang pelatih. 

"Saya tidak menahannya pergi karena situasi ini bergerak begitu cepat. Tidak ada yang mengiranya. Kami bahagia melihat dia, dan kami harus berusaha lagi," kata dia.

Saat ini, timnas Belanda dilatih sementara oleh Dwight Lodeweges untuk menghadapi Italia di UEFA Nations League. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement