Sunday, 7 Rajab 1444 / 29 January 2023

Pahala Sholat di Masjid Aqsha

Selasa 01 Sep 2020 09:57 WIB

Red: Irwan Kelana

Kompleks Masjid Al Aqsha.

Kompleks Masjid Al Aqsha.

Foto: AP
Masjid Aqsha destinasi ibadah yang perlu dikunjungi seorang Muslim.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh Dr KH Syamsul Yakin MA

Kaum muslim patut bergembira karena Allah SWT memberikan pahala yang sangat besar bagi siapa saja yang sholat di masjid mana saja di muka bumi. Namun Allah SWT melipatgandakan pahala bagi kaum muslim yang mampu melaksanakan sholat di Masjid Haram, Masjid Nabawi, Majid Quba, dan juga Masjid Aqsha.

Abu Dzar al-Ghifari bertanya, “Wahai Rasulullah,  masjid manakah yang pertama kali dibangun?” Beliau menjawab, “Masjid Haram”. Aku bertanya lagi, ”Kemudian (masjid) apa?” Beliau menjawab, “Kemudian Masjid Aqsha”. Aku bertanya lagi, “Berapa jarak antara keduanya?” Beliau menjawab, “Empat puluh tahun.”

Kemudian di manapun (waktu) sholat (datang) menjumpaimu setelah itu, maka sholatlah, karena keutamaan ada padanya.” (HR. Bukhari dan Muslim). Yang dimaksud dengan Masjid Aqsha, menurut pengarang Tafsir Jalalain , adalah  Baitul Maqdis. Dinamakan dengan Masjid Aqsha karena letaknya yang jauh dari Masjid Haram.

Bersumber dari Abdullah bin Amr bin Ash, Nabi SAW bersabda, “Sesungguhnya , ketika Nabi Sulaiman membangun Baitul Maqdis, (beliau) memohon kepada Allah SWT tiga perkara. Pertama, beliau memohon kepada Allah SWT agar (diberi pertolongan) dalam memutuskan hukum yang menepati hukum-Nya, lalu dikabulkan. 

Kedua, beliau meminta kepada Allah SWT agar dianugerahi kerajaan yang tidak patut diberikan kepada seseorang setelahnya, lalu dikabulkan. Ketiga, beliau meminta  kepada Allah SWT bila selesai membangun masjid (Aqsha), agar tidak ada seorangpun yang ingin sholat di situ, kecuali agar dikeluarkan dari kesalahannya, seperti hari kelahirannya.

(Dari ketiga permohonan itu) yang dua telah dikabulkan. Dan aku berharap, yang ketiga pun dikabulkan oleh Allah SWT.” (HR. Nasa’i, Ahmad, Ibnu Majah, Ibnu Hibban, Hakim, Baihaki). Inilah kiranya pahala shalat di Masjid Aqsha, seusai shalat insya Allah segala permohonan akan dikabulkan oleh Allah SWT, cepat atau lambat.

Nabi SAW menyebut Masjid Aqsha yang terletak di Palestina merupakan sebagai tempat sholat yang baik. Informasi ini terkuak  dari cerita Abu Dzar al-Ghifari yang berkata, “Kami sedang diskusi tentang mana yang lebih utama, apakah Masjid Nabawi ataukah Baitul Maqdis. Pada waktu itu, di sisi kami ada Rasulullah SAW.

Kemudian beliau bersabda, “Sekali shalat di masjidku lebih utama dari empat kali sholat padanya, dan ia adalah tempat sholat yang baik. Dan hampir-hampir tiba masanya, seseorang memiliki tanah seukuran kekang kudanya dari tempat itu terlihat Baitul Maqdis lebih baik baginya dari dunia seisinya.” (HR. Thabrani dan Hakim).

Sungguh mulia kedudukan Masid Aqsha ini dimana empat kali sholat di sana setara dengan sekali sholat di Masjid Nabawi. Padahal seribu kali sholat di masjid biasa pahalanya baru setara dengan sekali sholat di Masjid Nabawi. Nabi SAW bersabda,  “Sholat di masjidku lebih baik dari seribu sholat di masjid lainnya.” (HR. Bukhari dan Muslim). 

Masjid Aqsha adalah masjid yang direkomendasi Nabi SAW sebagai destinasi ibadah yang harus dikunjungi oleh seorang muslim yang sanggup mendatanginya. Nabi SAW sabdakan, “Tidak boleh bersusah-payah bepergian, kecuali ke tiga masjid, (yaitu) Masjid Haram, Masjid Nabawi, dan Masjid Aqsha.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Semoga pihak-pihak yang bertikai di seputar kompleks Masjid Aqsha segera berdamai karena sejatinya tempat itu disucikan tidak hanya oleh umat Islam, tapi juga oleh Yahudi dan Nasrani. Apalagi semua pihak mengaku memiliki akar teologis dan historis dengan Masjid Aqsha, maka seharusnya kemakmuran dan kesuciannya dijaga bersama.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA