Selasa 01 Sep 2020 00:06 WIB

Bangun Jaringan WiFi, Depok Ajak Penyedia Telekomunikasi

Pada Oktober nanti, wifi tersebut ditargetkan sudah dapat dioperasionalkan.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Endro Yuwanto
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskomimfo) Kota Depok, Sidik Mulyono
Foto: Dok. Diskomimfo Kota Depok
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskomimfo) Kota Depok, Sidik Mulyono

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok berkolaborasi bersama penyedia telekomunikasi guna membangun akses internet wifi. Dengan menggandeng beragam provider, Diskominfo dapat menyiapkan sebanyak 919 titik lokasi pemasangan wifi pada Oktober 2020 mendatang.

"Kami akan terus berkomunikasi dengan para penyedia layanan telekomunikasi. Kami lihat di antara mereka yang paling layak dan memungkinkan melakukan pemasangan di hampir seribu titik," ujar Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok, Sidik Mulyono, di Balai Kota Depok, Senin (31/8).

Menurut Sidik, hal ini dikarenakan pada Oktober nanti, wifi tersebut ditargetkan sudah dapat dioperasionalkan. Sementara itu, pengesahan Anggaran Biaya Tambahan (ABT) sekitar akhir September. "Dengan demikian, pertimbanganya adalah kemampuan provider, rasionalisasi anggaran, dan teknis. Kami tidak bisa mengandalkan satu layanan saja untuk mengejar target tersebut," jelanya.

Sidik menambahkan, untuk pemasangan wifi ada dua opsi, yaitu indoor dan outdoor. Dikatakannya, masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan. "Namun demikian, kami akan tetap mempertimbangkan aspek protokol. Jangan sampai pemasangan wifi ini memunculkan klaster baru dengan berkerumun," pungkasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement