Saturday, 2 Safar 1442 / 19 September 2020

Saturday, 2 Safar 1442 / 19 September 2020

Magang Prodi Arab UMM Menuju Rekognisi Internasional

Senin 31 Aug 2020 18:58 WIB

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Gita Amanda

Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengadakan magang internasional.

Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengadakan magang internasional.

Foto: Humas UMM
UMM komitmen untuk menjalin kerja sama internasional dengan negara-negara luar

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Magang di luar negeri menjadi salah satu program internasionalisasi Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Melalui program ini, UMM komitmen untuk menjalin kerja sama internasional dengan negara-negara luar.

Kaprodi PBA UMM, Ahmad Fatoni mengatakan bahasa Arab merupakan salah satu bahasa internasional. Artinya, tidak sulit bagi prodi PBA UMM untuk membangun hubungan dengan dunia internasional, khususnya dengan negara-negara Timur Tengah.

Tahun ini, magang  berlangsung selama satu bulan dimulai sejak 12 Agustus hingga 30 September 2020.  Kepala Lembaga Pengajaran Bahasa Arab (LPBA), Murdiono menyatakan, magang tahun ini diarahkan pada tersemainya pengalaman langsung praktik membina pembelajaran bahasa Arab yang partisipatoris dan berbasis tindakan kelas. Selain itu, mahasiswa peserta magang diharapkan mampu mengembangkan diri di bidang non pendidikan kendati masih dalam satu rumpun keilmuan.

"Dengan demikian, para praktikan dapat memiliki modal pengetahuan agar nantinya menjadi tenaga pendidik bahasa Arab yang inovatif, kreatif, dan rekreatif tanpa kehilangan muatan etik di dalamnya," ungkapnya.

Periode ini terdapar 37 mahasiswa dari Program Studi PBA UMM yang melakukan praktik magang ke sekolah-sekolah. Sebagian besar menyebar di beberapa daerah seperti MA Banjar 4 Kalimantan Selatan, SMAN 1 Masbagik Lombok Timur, MA Sunan Cendana Kwanyar, Bangkalan dan lain-lain. Sementara empat orang memilih magang ke luar negeri, yakni satu mahasiswa di sekolah menengah Phattanasart Wittaya Tarang Petchburi, Thailand dan tiga mahasiswa di Ma’had Tahfidz Ismail Selangor, Malaysia.
 
Pelaksanaan kegiatan magang diawali dari prosesi penyerahan pada 10 Agustus 2020 secara serentak oleh dosen pembimbing lapangan (DPL) masing-masing sekolah. Untuk sekolah menengah Phattanasart Wittaya Tarang, Thailand, diterima langsung oleh kepala sekolah Anan Muang-Uming, dan guru pamong, Yahya Bua-ngam.kduanya alumni dari universitas di Saudi Arabia.

Mereka mengaku sangat senang menerima peserta magang dan berharap kerja sama melalui magang tersebut dapat berlanjut di masa-masa mendatang.  "Ini adalah program yang sangat bagus dalam mewujudkan kerja sama antara Program Studi PBA UMM dan sekolah Phattanasart Wittaya Tarang,” ungkap Yahya Bua-ngam.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA