Senin 31 Aug 2020 19:36 WIB

Tips Biar Motor Tampil Makin Kinclong

Salon motor kini makin bermunculan demi motor makin kinclong.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Nutens menawarkan sejumlah produk perawatan motor lengkap dengan kaos tangan pelindung dan lap microfiber.
Foto: Republika/Eric Iskandarsjah
Nutens menawarkan sejumlah produk perawatan motor lengkap dengan kaos tangan pelindung dan lap microfiber.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat ini, animo masyarakat untuk mengendarai motor kian tinggi. Sepeda motor dianggap tak hanya jadi sarana transportasi tapi juga jadi sarana penunjang gaya hidup. Hal ini pun membuat sejumlah salon motor dan produk perawatan bermunculan.

Mengingat, selain memperhatikan performa kendaraan, tak sedikit rider atau pengendara yang ingin agar tampilan motornya terlihat mengkilap atau kinclong. Melihat hal itu, Manajer Nutens, Robby Triansyah pun berbagai kiat dalam membuat tampilan motor terlihat kinclong.

Baca Juga

"Kiat ini dapat dilakukan saat pengendara sedang ingin melakukan perawatan tampilan kendaraan secara mandiri. Mengingat, pada kondisi tertentu, pengendara lebih memilih untuk melakukan perawatan secara mandiri dari pada menggunakan jasa salon motor," kata Robby dalam sunday morning ride bersama Nutens di Jakarta pada Ahad (30/8).

Demi dapat memudahkan pengendara, Nutens pun menghadirkan sejumlah produk perawatan detailing yang spesifik. Mengingat, setiap motor memiliki material body yang berbeda-beda sehingga diperlukan produk yang spesifik.

Sebelum melakukan proses perawatan tampilan kendaraan, rider perlu menentukan produk perawatan yang paling pas untuk tiap-tiap panel body dan part lainya. "Pastikan agar sejumlah produk yang digunakan adalah produk yang paling sesuai agar dapat memberikan hasil yang optimal," ujarnya.

Selain itu, rider juga perlu mempersiapkan sejumlah peralatan yang sesuai. Menurutnya, beberapa peralatan yang dibutuhkan diantaranya adalah lap microfiber khusus poles, kuas, kaos tangan dan sikat gigi.

Saat melakukan perawatan, ia pun menyarankan agar pengendara selalu menggunakan kaos tangan khusus sebagai pelindung. Mengingat, sejumlah cairan perawatan terdiri dari bahan kimia berbahaya.

Setelah seluruh sarana pendukung sudah dipersiapkan, baru kemudian ritual perawatan dapat dimulai. Menurutnya, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan mencuci motor dan mengeringkanya. Hal ini perlu dilakukan untuk membersihkan permukaan dari debu dan kotoran lainya.

"Jika motor belum dalam keadaan benar-benar bersih tapi proses pemolesan telah dilakukan, maka hal ini berpotensi akan menggores atau mengikis cat kendaraan," ucap dia.

Setelah motor benar-benar bersih dan kering, proses pun dilanjutkan dengan pemolesan body. Menurutnya, proses ini tetap dapat dilakukan dengan hanya menggunakan lap khusus sehingga tak memerlukan mesin poles.

Disarankan, produk pemolesan yang digunakan adalah produk yang berwujud cairan. Karena, jika menggunakan produk dalam wujud wax, biasanya produk tersebut akan meninggalkan endapan putih pada bagian celah-celah body.

Selanjutnya, rider dapat melanjutkan proses detailing dengan menggunakan kuas atau sikat gigi pada bagian mesin, rangka atau pada bagian celah-celah lainya. Jika diperlukan, pengendara pun dapat membongkar beberapa bagian tertentu agar dapat melakukan proses pembersihan secara lebih menyeluruh.

Dengan melakukan seluruh tahapan itu, ia menilai para rider dapat memperoleh hasil yang mendekati dengan hasil pengerjaan pada salon motor. "Selain membuat tampilan mengkilap, proses ini juga sekaligus mampu memberikan perlindungan pada body kendaraan," kata dia.

Produk Nutens

Bagi rider yang tertarik untuk mencoba menerapkan kiat tersebut, maka rider dapat menggunakan sejumlah produk dari Nutens. Mengingat, brand dalam negeri ini telah hadir selama satu setengah tahun dalam menyajikan sejumlah produk perawatan kendaraan.

Menurutnya, beberapa produk yang ditawarkan diantaranya adalah produk semi coating, penghitam plastik, pembersih mesin dan semir ban. Total, ada 12 produk spesifik yang ditawarkan dalam berbagai ukuran dengan harga mulai dari Rp 50 ribu hingga Rp 129 ribu.

Ia pun menekankan, setiap produk Nutens dipasarkan dalam bentuk paket yang dilengkapi dengan kaos tangan pelindung dan lap khusus. Hal ini sengaja diberikan agar pengendara dapat melakukan tindakan perawatan dengan aman dan dengan lap yang sesuai.

"Jika tidak terkenda hujan atau kotoran yang signifikan, proses detailing mandiri ini dapat dilakukan dalam satu bulan sekali pada motor harian. Sebenarnya, produk Nutens memiliki ketahanan hingga beberapa bulan, tapi proses detailing dapat dilakukan selama sebulan sekali agar motor memperoleh perlindungan yang optimal mengingat lapisan pelindung pada permukaan dapat menguap karena terkena panas saat pemakaian kendaraan," ucap dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement