Senin 31 Aug 2020 18:32 WIB

Aktivitas Makan Siang Sumbang Banyaknya Klaster Perkantoran

Saat makan siang, karyawan harus tetap menjaga jarak.

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Esthi Maharani
Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito
Foto: ANTARA/Akbar Nugroho Gumay
Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Satgas Penanganan Covid-19 meminta para karyawan untuk lebih berhati-hati dan menjalankan protokol kesehatan saat makan siang. Alasannya, aktivitas ini ditengarai ikut berkontribusi dalam pesatnya perkembangan klaster perkantoran.

"Proses penularan klaster yang mungkin terjadi di perkantoran juga bisa disebabkan aktivitas di dalam kantor termasuk juga pada saat istirahat makan siang dan beribadah," kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam keterangan pers, Senin (31/8).

Saat makan siang, Wiku mengingatkan, karyawan harus tetap menjaga jarak. Karyawan juga diminta untuk mencuci tangan dengan benar sebelum makan. Risiko penularan Covid-19 saat makan siang cukup tinggi lantaran pada momen inilah para karyawan secara bersamaan melepas maskernya.

"Demikian juga transportasi umum, tetap ketat untuk menjaga tidak boleh ada kepadatan dan jaga jarak. Karena potensi untuk menimbulkan penularan," kata Wiku.

 

Wiku meminta seluruh pimpinan daerah untuk kembali mengecek efektivitas protokol kesehatan di perkantoran dan inustri. Pemda diminta menjalankan kontrol ketat terhadap protokol kesehatan yang dijalankan di dua sektor tersebut, menyusul banyaknya kasus baru yang muncul dari perkantoran dan industri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement