Ahad 30 Aug 2020 22:24 WIB

Alasan Surat Al-Isra Disebut Juga dengan Surat Bani Israil

Surat Al-Isra disebut juga dengan surat Bani Israil.

Surat Al-Isra disebut juga dengan surat Bani Israil.Ilustrasi Alquran
Foto: pxhere
Surat Al-Isra disebut juga dengan surat Bani Israil.Ilustrasi Alquran

REPUBLIKA.CO.ID, Nama lain dari surat al-Isra dalam Alquran  surat Bani Israil. Mengapa surat yang berada dalam urutan ke-17 susunan surat tersebut disebut juga surat Bani Israil?

Penamaan itu sudah berlangsung sejak masa Nabi Muhammad SAW. Hal itu bisa dilihat dari hadits-hadits yang diriwayatkan para sahabat Rasulullah, di antaranya dari Aisyah. Dia berkata, Rasulullah tidak tidur sampai beliau membaca al-Zumar dan Bani Israil.” (HR Ahmad, Tirmizi, al-Nasai, Ibnu Khuzaimah, dan al-Hakim).

Baca Juga

Al-Hafidz bin Hajar menganggap hadits ini hasan dalam kitabnya Nataij al-afkar. Diriwayatkan dari Ibnu Abbas, dia berkata, “Surat Bani Israil diturunkan di Makkah. (HR Al-Baihaqi). “

Lalu, diriwayatkan dari Abdullah bin Mas’ud, dia berkata, “Surat Bani Israil, al-Kahfi, Maryam, Thaha, dan Anbiya termasuk surah-surah al-itaq yang pertama dan juga termasuk surah-surah tiladi.” (HR Bukhari). 

Al-Hafidz Ibnu Hajar dalam Fathul Bari menjelaskan bahwa al-itaq adalah bentuk jamak dari atiq yang berarti lama atau ia adalah segala sesuatu yang mencapai puncak keindahannya. Sedangkan, tiladi maksudnya adalah sesuatu yang telah lama dihafal. Al-tilad artinya sesuatu yang sudah lama dimiliki. 

Adapun maksud Ibnu Mas'ud, surah-surah tersebut termasuk yang pertama kali dipelajari dan mempunyai kelebihan karena berisi kisah-kisah dan cerita para nabi dan umat terdahulu. Bahkan para ulama berpendapat, Bani Israil lebih masyhur untuk nama surah tersebut pada zaman sahabat dan tabiin karena surah itu hanya menyebutkan pada awal tentang Isra ke Masjid Al-Aqsa.

Pada ayat keduanya langsung membicarakan tentang tahap penting dari tahap-tahap sejarah Bani Israil serta menceritkan tentang kerusakan yang mereka lakukan yang tidak disebutkan dalam surah-surah lainnya dalam Alquran. 

Syekh Thahir bin Asyur dalam tafsirnya al-Tahrir wa al-Tanwir menjelaskan, dalam kebanyakan mushaf surah ini dinamakan dengan surah al-Isra, dan al-Alusi menamakannya demikian karena pada awal surah disebutkan tentang Isra dan pada masa sahabat disebut dengan surah Bani Israel karena di dalamnya dibahas tentang Bani Israil yang tidak disebutkan di surah lainnya.

Yaitu mengenai penaklukan bangsa kuat Assyra terhadap Bani Israil, selanjutnya penaklukan bangsa Romawi terhadap mereka. Surah ini juga disebut dengan surat Subhana karena surah ini diawali dengan kalimat tersebut.   

 

sumber : Harian Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement