Ahad 30 Aug 2020 22:16 WIB

Lewis Hamilton Juara GP Belgia

Hamilton hanya berjarak dua kemenangan lagi dari rekor milik Michael Schumacher.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Israr Itah
Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton memegang trofi juara GP Belgia, Ahad (30/8).
Foto: EPA-EFE/Francisco Seco
Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton memegang trofi juara GP Belgia, Ahad (30/8).

REPUBLIKA.CO.ID, STAVELOT -- Pembalap Mercedes Lewis Hamilton menjuarai GP Belgia yang berlangsung di Sirkuit Spa-Francorchamps, Stavelot, Belgia, Ahad (30/8) malam WIB. Mengawali balapan dari pole position, ia sukses mempertahankan posisinya hingga akhir perlombaan dengan catatan waktu tercepat 1 jam 24 menit 08,761 detik.

Ini merupakan kemenangan ke-89 Hamilton di pentas balapan Formula Satu (F1). Ia hanya berjarak dua kemenangan lagi dari rekor milik Michael Schumacher.

Baca Juga

Di posisi runner-up diikuti oleh rekan satu timnya, Valtteri Bottas. Pembalap Red Bull, Max Verstappen menyusul di urutan ketiga.

GP Belgia benar-benar menjadi mimpi buruk bagi rival Mercedes yaitu Ferrari. Dua pembalap tim kuda jingkrak, Sebastian Vettel dan Charles Leclerc finis di posisi ke-13 dan ke-14.

Hamilton mampu mempertahankan posisinya di depan secara konsisten meski mendapatkan sedikit perlawanan dari Bottas. Verstappen pun tak kesulitan meskipun diganggu oleh Daniel Ricciardo yang akhirnya finis di urutan keempat.

Sementara Leclerc sebaliknya tak bisa mempertahankan penampilan apiknya di awal lap yang sempat naik ke posisi kedelapan. Sebab, ia berhasil disalip oleh Pierre Gasly. Setelah itu, Leclerc tak kunjung menunjukkan peningkatan.

Kecelakan hebat terjadi antara Antonio Giovinazzi dan George Russel. Akibatnya, mobil Giovinazzi keluar lintasan hingga membentur pembatas. Kedua pembalap tersebut akhirnya keluar dari mobil masing-masing tanpa cedera.

Semua pembalap memutuskan kembali ke pit selama safety car, kecuali Gasly dan Perez. Balapan kemudian kembali dilanjutkan pada lap ke-15 dengan Hamilton masih memimpin. Namun pertarungan sengit sempat terjadi antara Bottas dengan Verstappen. Hingga akhir balapan Hamilton keluar sebagai pemenang. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement