Ahad 30 Aug 2020 21:03 WIB

Mourinho Yakin Makin Tua, Kemampuannya Semakin Membaik

Mantan pelatih Real Madrid dan Chelsea itu dinilai sudah memasuki masa senja.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Israr Itah

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pelatih Tottenham Hotspur Jose Mourinho masih yakin kemampuannya akan semakin membaik seiring terus bertambahnya usia. Mourinho menghabiskan waktu 20 tahun sebagai pelatih dengan prestasi luar biasa. Sebanyak 22 trofi ia angkat bersama tim yang dilatihnya selama dua dekade.

Namun, sekarang ini ia menghadapi anggapan bahwa kemampuannya mulai menurun seiring usianya yang semakin menua. Mantan pelatih Real Madrid dan Chelsea itu dinilai sudah memasuki masa senja dalam kariernya.

Penilaian tersebut ia hadapi dengan tenang. Mourinho merasa masih cukup muda untuk tetap menjadi salah satu pelatih terbaik di dunia. Pernyataan tersebut sebagai motivasinya agar tetap dalam di level atas di karier kepelatihannya.

"Saya tidak terlalu tua. Saya sangat muda untuk seorang manajer sepak bola. Ini jenis pekerjaan di mana Anda menjadi lebih baik dengan pengalaman dan bukan lebih buruk,” klaim Mourinho, dilansir dari Independent, Ahad (30/8).

Pada usia 57 tahun, Mourinho mengeklaim saat ini sudah lebih bisa mengontrol emosi serta berpikir lebih baik untuk mengambil keputusan. Menurutnya, semakin tua seorang pelatih, akan mendapatkan pengalaman banyak sehingga baik untuk tim yang dilatihnya.

Kebutuhan seorang pelatih, kata dia, tak sama dengan pemain. Jika pemain membutuhkan fisik yang kuat sedangkan pelatih otak brilian. Mourinho menegaskan, ia hanya membutuhkan berpikir lebih baik daripada berlari cepat.

Pengalamannya sebagai pelatih serta motode melatih ia bagikan lewat film documenter Amazon Prime Video All or Nothing. Tiga episode pertama dirilils pada Senin (31/8) ini. Ia mengatakan, lewat film tersebut orang akan melihat dirinya sebagai sosok pelatih yang sebenarnya.

Klip film dokumenter tersebut bocor ke publik. Cuplikan tersebut memperlihatkan bagaimana wajah Mourinho yang sangar dan lembut dalam berinteraksi dengan pemain. Mourinho mengatakan apa yang disampaikan di film tersebut adalah nyata.

"Kalau orang hanya menonton video yang bocor, orang akan mengira saya orang gila. Saya tidak tahu, tapi mereka akan melihat Jose yang asli,” kata pelatih asal Portugal menegaskan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement