Sabtu 29 Aug 2020 16:14 WIB

Kerusuhan Meletus di Swedia Buntut Protes Pembakaran Alquran

Oknum ekstremis sayap kanan Swedia membakar Alquran.

Oknum ekstremis sayap kanan Swedia membakar Alquran. Bendera Swedia
Foto: wikipedia
Oknum ekstremis sayap kanan Swedia membakar Alquran. Bendera Swedia

REPUBLIKA.CO.ID, STOCKHOLM— Kerusuhan terjadi pada Jumat (28/8) di Kota Malmo, Swedia selatan, tempat sedikitnya 300 orang mengelar protes terhadap tindakan yang anti Islam, menurut laporan kepolisian setempat.

“Massa melemparkan berbagai benda ke arah petugas polisi dan membakari ban mobil,” kata juru bicara kepolisian.

Baca Juga

Sebelumnya pada hari itu, salinan Alquran dibakar di Kota Malmo oleh beberapa ekstremis sayap kanan. "Kami tidak bisa mengendalikan ini, tetapi kami berusaha secara aktif untuk mengambil kendali," katanya.

"Kami melihat adanya keterkaitan antara apa yang terjadi sekarang dan apa yang terjadi sebelumnya hari ini. Demonstrasi semakin panas di tempat yang sama tempat Alquran dibakar,” katanya.

Surat kabar harian Aftonbladet melaporkan bahwa sejumlah aksi anti Islam berlangsung di Malmo pada Jumat, termasuk saat tiga pria menendangi Alquran di antara mereka di lapangan terbuka.

Protes anti Islam terjadi setelah Rasmus Paludan, pemimpin partai politik sayap kanan Denmark, Hard Line, ditolak izinnya untuk mengadakan pertemuan di Kota Malmo dan dihentikan di perbatasan Swedia, menurut surat kabar tersebut.

 

sumber : Reuters/Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement