Jumat 28 Aug 2020 23:20 WIB

Kemensos Optimistis Bansos Bisa Dorong Pemulihan Ekonomi

Bantuan sosial tersebut juga disalurkan dengan tepat sasaran.

Warga menerima bantuan sosial (ilustrasi)
Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya
Warga menerima bantuan sosial (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Sosial (Kemensos) optimistis penyaluran bantuan sosial (bansos) untuk masyarakat berpenghasilan rendah dapat membantu memulihkan ekonomi yang terpuruk akibat pandemi Covid-19. "Kalau kita memberikan bansos tunai kepada masyarakat ini kan langsung diterima. Kemudian, tentu setelah menerima bansos tunai bantuan itu dibelanjakan. Maka harapannya di daerah itu, di wilayah itu, bergerak ekonominya," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemensos Hartono Laras dihubungi melalui sambungan telepon di Jakarta, Jumat (28/8).

Ia berharap bantuan sosial yang diberikan pemerintah melalui Kemensos, seperti bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Nontunai (BPNT) dapat membantu perekonomian lokal karena disalurkan secara luas kepada masyarakat.

Baca Juga

"Karena coverage-nya untuk PKH 10 juta (keluarga), yang BPNT 20 juta. Terus Bantuan Sosial Tunai (BST) 9 juta, ditambah bansos tunai 9 juta lagi," katanya.

Bantuan sosial yang diterima langsung oleh warga masyarakat tersebut diharapkan dapat meningkatkan daya beli masyarakat. Sehingga mendorong pemulihan ekonomi lebih lanjut.

Sementara itu, Hartono juga menyampaikan keyakinannya bahwa bantuan sosial tersebut disalurkan dengan tepat sasaran seiring adanya perbaikan data secara terus menerus yang dilakukan oleh pemerintah daerah (pemda). "Kami terus lakukan langkah-langkah perbaikan. Kita sudah mulai dari bulan April, sudah semakin tepat sasaran," katanya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement