Friday, 12 Rabiul Akhir 1442 / 27 November 2020

Friday, 12 Rabiul Akhir 1442 / 27 November 2020

Gottlieb Daimler, Desainer Otomotif Visioner dari Jerman

Jumat 28 Aug 2020 17:59 WIB

Rep: deutsche welle/ Red: deutsche welle

picture-alliance/dpa

picture-alliance/dpa

Cikal bakal sepeda motor modern rancangan Gottlieb itu dinamai Daimler Reitwagen.

Bila dilihat dari standar sepeda motor modern yang dikenal luas sekarang ini, sepeda motor generasi awal macam Daimler Reitwagen tampak tidak terlalu nyaman untuk dikendarai, apalagi untuk jarak jauh.

Sepeda motor berwarna coklat dengan dua buah roda yang sangat besar itu pertama dipatenkan tanggal 29 Agustus 1885. Sebelumnya, dua orang penemu asal Jerman yaitu Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach memutuskan untuk membangun mesin pembakaran fungsional pertama yang berbahan bakan bensin, lalu memasangkannya ke sepeda.

Reitwagen, atau yang artinya kurang lebih semacam ‘mobil yang bisa ditunggangi’ ini pertama kali diperkenalkan kepada publik pada tahun 1889 di sebuah pameran di Paris, Prancis. Namun Gottlieb Daimler, seperti juga desainer lain pada zamannya yaitu Karl Benz, lebih tertarik mengembangkan desain kendaraan roda empat, yang selamanya akan mengubah cara manusia bepergian.

Terjun ke dunia teknik sedari muda

Tahun ketika Gottlieb Daimler hidup adalah tahun yang penuh dengan penemuan baru yang menarik, terutama di Eropa dan Inggris. Sebelum menjadi terkenal dan mendirikan salah satu perusahaan otomotif ternama di dunia, Gottlieb Daimler memang sudah tertarik pada dunia teknik.

Ia dilahirkan tanggal 17 Maret 1834 di kota Schorndorf, yang sekarang termasuk negara bagian Baden-Württember, Jerman. Kota kecil ini pada waktu itu berpenduduk sekitar 4.000 jiwa. Saat masih tinggal di tempat kelahirannya, Daimler muda sempat magang di sebuah tempat pembuatan senjata hingga selesai di tahun 1852. Tidak berhenti sampai di sana, ia terus mencari ilmu dan mengasah keterampilan tekniknya hingga ke Stuttgart, bahkan Prancis dan Inggris.

Sepulangnya dari Inggris, Daimler yang saat itu berusia 31 tahun mendapat pekerjaan di kota Reutlingen di selatan Jerman dan menjadi pengawas di sebuah bengkel bernama Bruderhau, lembaga sosial yang mempekerjakan anak yatim dan tunawisma. Di sana ia berkenalan dengan anak muda berusia belasan tahun yang kelak menjadi partner bisnisnya seumur hidup, Wilhelm Maybach.

Tidak banyak yang diketahui tentang kehidupan dan kebiasaan pribadi Daimler. Setelah menikahi istrinya yaitu Emma Kurtz, tahun 1868 Daimler bekerja pada sebuah perusahaan permesinan di Karlsruhe. Lalu pada tahun 1872, ia bergabung dengan Gasmotorenfabrik Deutz sebagai manajer teknis dan dengan dalam mempelajari prinsip-prinsip permesinan yang diperkenalkan oleh Nikolaus August Otto.

Pada masa ini ia memperoleh pengetahuan yang mendalam tentang prinsip-prinsip mesin yang dikembangkan oleh Otto. Nikolaus Otto sendiri adalah insinyur yang mengembangkan mesin pembakaran internal terkompresi dengan bahan bakar gas. Mesin ini menghasilkan pembakaran internal dan merupakan cikal-bakal mesin mobil modern.

Dimulai dari bengkel buatan di rumah taman

Kreativitas Daimler dalam berinovasi dan bereksperimen seolah tidak dapat dibendung. Daimler terus berinovasi bersama rekannya yaitu Wilhelm Maybach. Mereka mulai bereksperimen dengan berbagai mesin di sebuah rumah musim panas milik Daimler di kota Cannstatt. Rumah itu lama-lama lebih berfungsi sebagai bengkel tempat ia dan Maybach mengembangkan mesin yang disebut Grandfather Clock Engine karena bentuknya yang besar dan menyerupai jam yang dimiliki orang-orang zaman dahulu. Mesin ini kemudian ia pasangkan pada sepeda untuk membuat cikal-bakal motor pertama yaitu Reitwagen. Mereka mendaftarkan paten Reitwagen pada 29 Agustus 1885, tepat 135 tahun yang lalu.

Maybach diberitakan mengendarai mesin tersebut sejauh tiga kilometer sebagai uji coba dengan kecepatan mencapai 12 kilometer per jam. Ini adalah sebuah prestasi tersendiri pada zamannya. Selain pada sepeda, kedua mitra ini juga memasangkan mesin ini pada perahu, yang menjadi cikal-bakal perahu motor modern seperti yang dikenal sekarang, dan kendaraan roda empat yang nantinya berkembang menjadi mobil.

Tahun 1890, Daimler mendirikan perusahaan sendiri yaitu Daimler-Motoren-Gesellschaft (DMG) di tahun 1890. Namun ternyata ia tidak begitu cocok bekerja sama dengan orang-orang dari dunia finansial dan perbankan. Meski demikian, perusahaan ini tetap berhasil menjual mobil pertama mereka di tahun 1892.

Pembentukan Daimler-Benz

Meski sama-sama bekerja di bidang otomotif dan hanya terpisah jarak yang tidak begitu jauh, Gottlieb Daimler dan Karl Benz mengembangkan mobil secara terpisah. Daimler dan Benz juga mendirikan perusahaan mereka sendiri. Bila Daimler punya DMG, Karl Benz memiliki perusahaan mobil bernama Benz & Cie, keduanya sempat berseteru di pengadilan karena masalah hak paten. Kedua perusahaan ini baru bekerja sama setelah Gottlieb Daimler meninggal dunia pada 6 Maret 1900. Lalu baru pada tahun 1926 keduanya bergabung dan membentuk salah satu perusahaan mobil tertua di dunia yaitu Daimler-Benz.

Daimler sendiri dikebumikan di pemakaman Uff-Kirchhof di Stuttgart-Bad Cannstatt. Untuk mengenangnya, rumah kelahiran Daimler di Schorndorf kini menjadi museum. Sementara di Stuttgart berdiri sebuah museum yang cukup interaktif, menceritakan sejarah perkembangan industri otomotif di Jerman dan dunia. Museum ini setiap tahunnya didatangi oleh turis-turis dari berbagai negara di dunia.

ae/vlz (berbagai sumber)

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan deutsche welle. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab deutsche welle.
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA