Jumat 28 Aug 2020 16:17 WIB

India Catat Rekor, 77 Ribu Kasus Covid-19 dalam Sehari

Profesor di New Delhi menilai kasus Covid India sudah tahap genting.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Teguh Firmansyah
Pendeta hindu menggunakan face shield dan masker di dalam sebuah kuil di Jammu, India, Ahad (16/8).
Foto: AP Photo/Channi Anand
Pendeta hindu menggunakan face shield dan masker di dalam sebuah kuil di Jammu, India, Ahad (16/8).

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- India melaporkan 77.266 kasus baru Covid-19 selama 24 jam terakhir pada Jumat (28/8). Itu merupakan rekor terbaru dalam peningkatan kasus yang dicatatkan negara tersebut.

Selain kasus, India turut melaporkan 1.057 kematian baru dalam 24 jam terakhir. Sejak 7 Agustus, India menjadi negara yang melaporkan kasus baru Covid-19 tertinggi di dunia setiap harinya. Sejauh ini India memiliki 3,39 juta kasus Covid-19 dengan korban meninggal mencapai 61.529 jiwa.

Baca Juga

Dengan angka tersebut, India menempati posisi ketiga sebagai negara dengan kasus Covid-19 tertinggi di dunia. Posisi dua teratas ditempati Amerika Serikat dan Brasil. "India berada pada tahap genting dalam pengekangan dan pengelolaan epidemi Covid-19. Jumlah total kasus Covid-19 di negara itu terus meningkat tanpa goyah," kata Sanghmitra Sheel Acharya, seorang profesor di Centre of Social Medicine and Community Health di New Delhi's Jawaharlal Nehru University, dikutip laman Aljazirah.

Otoritas kesehatan India telah meningkatkan pengujian Covid-19 di seluruh wilayah. Jumlahnya meningkat hampir lima kali lipat dalam dua bulan. Menurut Indian Council of Medical Research (ICMR) lebih dari 39 juta tes kumulatif telah dilakukan sejauh ini. Rata-rata 800 ribu sampel diambil setiap harinya.

Di ibu kota, New Delhi, pengujian akan digandakan dari 20 ribu menjadi 40 ribu tes sehari dalam sepekan. "Selama beberapa pekan terakhir, pengujian telah ditingkatkan dengan cepat di seluruh negeri," kata direktur regional Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) di Asia Tenggara Dr Poonam Khetrapal Singh.

Menurut dia, penggandaan kapasitas tes berkontribusi pada peningkatan jumlah kasus yang ditemukan. Kendati korban meninggal telah melampaui 61 ribu jiwa, tingkat kematian akibat Covid-19 di India relatif rendah. Jika disandingkan dengan jumlah kasus, saat ini kematiannya kurang dari dua persen.

Tingkat pemulihan di India juga cukup tinggi, yakni hampir 76 persen. Sejauh ini lebih dari 2,5 juta pasien positif Covid-19 di sana berhasil pulih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement