Saturday, 7 Rabiul Awwal 1442 / 24 October 2020

Saturday, 7 Rabiul Awwal 1442 / 24 October 2020

Dorong UMKM Jadi Kekuatan Baru Ekonomi Digital, Ini Kuncinya

Jumat 28 Aug 2020 13:01 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

Dorong UMKM Jadi Kekuatan Baru Ekonomi Digital, Ini Kuncinya. (FOTO: Sufri Yuliardi)

Dorong UMKM Jadi Kekuatan Baru Ekonomi Digital, Ini Kuncinya. (FOTO: Sufri Yuliardi)

Dorong UMKM Jadi Kekuatan Baru Ekonomi Digital, Ini Kuncinya

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta

Kreativitas, digitalisasi, dan sinergi merupakan kunci untuk menciptakan nilai tambah dalam memajukan UMKM sebagai kekuatan baru perekonomian nasional di era digital.

Pertama, kreativitas dengan meningkatkan nilai tambah produk UMKM. Kedua, digitalisasi melalui inisiasi UMKM Go Digital dan integrasi ekonomi keuangan digital melalui infrastruktur sistem pembayaran yang cepat, mudah, murah, aman, dan andal.

Ketiga, sinergi kebijakan nasional pusat dan daerah dengan memprioritaskan sektor-sektor, memperkuat model bisnis yang terintegrasi, dan secara end-to-end mendorong kemajuan UMKM. 

Baca Juga: Gandeng 20 Bank, Jamkrindo Sudah Salurkan Rp845 M Kredit UMKM

Baca Juga: Sri Mulyani Bicara Kabar Pahit, Banyak Perusahaan Terancam Pailit

"Bank Indonesia (BI) senantiasa mendukung pemerintah menjadikan UMKM sebagai kekuatan baru perekonomian nasional," demikian disampaikan Gubernur BI Perry Warjiyo dalam pembukaan Karya Kreatif Indonesia (KKI) Tahun 2020 seri I secara virtual pada hari ini (28/8/2020) di Jakarta.

Mengangkat tema Mendorong UMKM sebagai Kekuatan Baru Perekonomian Nasional di Era Digital, KKI 2020 juga menjadi bagian dari dukungan nyata BI terhadap Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI).

Turut hadir dalam acara pembukaan, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Teten Masduki menegaskan pentingnya kerja sama antara kementerian/lembaga, BI, perbankan, dan otoritas terkait lainnya untuk menyiapkan UMKM yang siap bersaing di pasar global dan domestik.

Lebih lanjut, Wishnutama, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, menyampaikan pentingnya UMKM dalam menjadikan momentum pandemi Covid-19 sebagai kesempatan untuk mengakselerasi penggunaan tekonologi digital dalam bisnis, khususnya optimalisasi pemasaran digital melalui platform e-commerce Indonesia.

KKI merupakan rangkaian event tahunan yang menampilkan produk-produk premium UMKM binaan BI, dengan bersinergi bersama kementerian/lembaga dalam pengembangan UMKM.

Berbeda dibandingkan penyelenggaraan sebelumnya, KKI 2020 diselenggarakan dengan konsep virtual dan dilakukan secara berseri, yaitu seri I Sinergi untuk UMKM Ekspor (28-30 Agustus 2020), seri II Sinergi untuk UMKM Digital (Oktober), dan seri III Sinergi UMKM untuk Sahabat Milenial (November).

Perry mengajak masyarakat untuk mengunjungi pameran KKI 2020 secara virtual melalui website www.karyakreatifindonesia.co.id lewat fitur platform yang akan dibuka mulai hari ini hingga 30 Agustus 2020. Jika masyarakat ingin melihat produk UMKM binaan BI, BI tetap menyediakan menu katalog pada website KKI.

"Ke depan, BI akan selalu berkomitmen untuk terus mengembangkan UMKM agar dapat menjadi tulang punggung perekonomian daerah dan nasional, serta bersinergi dengan berbagai kementerian dan lembaga," tutup Perry.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA