Kamis 27 Aug 2020 21:38 WIB

Mengapa Benda Rasulullah Hingga Nabi Musa di Topkapi Turki? 

Benda-benda berharga Rasulullah SAW banyak berada di Topkapi Turki

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Nashih Nashrullah
Benda-benda berharga Rasulullah SAW banyak berada di Topkapi Turki . Istana Topkapi  Turki
Foto: Tripadvisor
Benda-benda berharga Rasulullah SAW banyak berada di Topkapi Turki . Istana Topkapi Turki

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL— Istana Topkapi Istanbul mulai kembali dipadati pengunjung lokal maupun asing yang penasaran dengan sejarah penaklukan Istanbul.

Gedung bersejarah yang sebelumnya merupakan tempat tinggal Sultan Ottoman pada 1453 hingga pertengahan abad ke-19 ini masih menyimpan apik perabotan dan peralatan peninggalan sang sultan.

Baca Juga

Istana ini menyediakan ruangan pameran yang disebut Chamber of the Holy Relics. Ruang ini menampung beberapa peninggalan Islam yang paling berharga, mulai dari mantel suci Nabi Muhammad SAW, hingga pedang yang diyakini digunakan dia Nabi dan keempat sahabatnya, Abu Bakar, Umar bin Khattab, Utsman ibn Affan, Ali ibn Abi Thalib. Museum ini juga menampilkan barang-barang lain yang diyakini pernah digunakan para nabi seperti Musa, Abraham, Yusuf dan Dawud. 

"[Sultan Ottoman] ingin menyimpan Relikwi dekat dengan diri mereka sendiri karena mereka mengira bahwa lokasi relik [di Istana Topkapi] akan memenuhi syarat Istanbul sebagai pusat dunia Islam," kata Mustafa Sabri Kucukasci, Presiden Museum Istana Topkapi, yang juga seorang profesor Sejarah Abad Pertengahan di Universitas Marmara, yang dikutip di TXT World, Kamis (27/8).  

 

“Jubah Nabi, yang disebut Mantel Suci, telah digunakan sebagai tanda kekhalifahan [Muslim] sejak Umayyah,” kata Kucukasci. 

Umayyah adalah dinasti Arab Muslim di abad ke-7, muncul dari perang saudara antara khalifah Islam keempat dan menantu Nabi Muhammad Ali ibn Abi Thalib dan Muawiyah ibn Abi Sufyan, pendiri Dinasti Umayyad. Dinasti Umayyah memerintah selama 89 tahun sampai digulingkan oleh Abbasiyah, dinasti Arab mayoritas Muslim lainnya.  

Sultan Ottoman mewarisi peninggalan berharga di masa dan era yang berbeda. Ketika Sultan Selim I menaklukkan sebagian besar Timur Tengah pada tahun 1517 dari Mamluk, banyak peninggalan Islam dibawa ke Istanbul dari dunia Arab. 

Ketika Kekaisaran Ottoman menyebar ke Mesir, Suriah, Lebanon, Palestina, Yordania, dan Semenanjung Arab modern, Sultan Selim I tidak hanya mengalahkan Mamluk tetapi juga mengklaim kekhalifahan dari mereka, membawa sebagian besar Relik Suci dari Kairo ke Istanbul . “Sejak Selim I, Ottoman telah memberikan banyak hal penting untuk mengumpulkan barang-barang Nabi di Istanbul sebagai hasil dari komitmen dan kesetiaan mereka kepadanya. Upaya pengumpulan ini terus berlanjut bahkan setelah Selim I, membawa lebih banyak [relik suci ke kota],” kata Kucukasci, yang telah meneliti secara ekstensif subjek tersebut, dan menulis beberapa artikel komprehensif. 

Meskipun banyak turis melihat relik dengan terkagum-kagum, mereka mungkin melewatkan fakta sejarah penting lainnya, bahwa bangunan putih bersih tempat mereka berdiri itu telah berfungsi sebagai rumah dan kantor sultan Ottoman. Ruangan ini disebut Has Oda yang artinya ruang privat. 

Keputusan untuk menjaga relik di Has Oda, atau kamar pribadi, yang bisa dibilang sebagai kompleks paling dijaga di istana, memiliki makna simbolis. Dalam Has Oda, para sultan Ottoman naik takhta mengambil sumpah setia (biat). 

Di Has Oda pula mereka tidur dan dimandikan secara ritual setelah meninggal dunia. Ruang itu pertama kali dibangun oleh Mehmed II, penakluk Istanbul. 

Sejak Mehmed II, bangunan tersebut telah direnovasi beberapa kali. Pada saat Selim I membawa relik suci, rumah kekaisaran tiba-tiba berubah menjadi semacam tempat suci Muslim, di mana para sultan dan pejabat mereka mengadakan upacara untuk mencium jubah Nabi, sambil memberi penghormatan kepada relik lain untuk menunjukkan keyakinan mereka pada Islam. 

“Alhasil, ibu kota Ottoman mendapat reputasi sebagai pusat politik dan agama dunia Islam,” tulis Kucukasci dalam salah satu artikelnya. 

Pada abad ke-17, kepala arsitek istana, Mustafa Safi, menyebut Has Oda Beytu'l-hilafe, yang berarti Rumah Khilafah, dan meletakkan beberapa relik suci di ruangan tersebut, dan mendefinisikannya sebagai ruang visualisasi kekhalifahan Utsmaniyah, jelas Kucukasci. 

photo
Sandal Nabi Muhammad yang tersimpan di Istanan Topkapi, Istanbul, Turki. - (Tangkapan layar dari buku Mengenal Pribadi Ag)

Ahmet Cevdet Pasha, salah satu negarawan dan ahli hukum Ottoman paling terkemuka di akhir abad ke-19, berpendapat bahwa kekhalifahan Abbasiyah telah kehilangan cengkeraman sebagian besar dunia Islam, karena Mamluk menggunakannya sebagai instrumen untuk mendapatkan legitimasi di dunia Islam. 

Menurut Pasha, kepemimpinan Ottomanlah yang memulihkan tatanan Islam setelah Selim I mengalahkan Mamluk dan merebut kekhalifahan dari Abbasiyah. 

“Bergabung dengan kesultanan dengan kekhalifahan, negara Utsmaniyah mencapai tingkat yang lebih tinggi, yang memang pantas didapatkan. Dengan persatuan ini, Nation of Islam yang diperkuat menemukan arahnya,” kata Cevdet Pasha dalam tulisannya. 

Pasha mengatakan, kepemimpinan Ottoman memiliki minat khusus pada relik suci dan ketertarikan mereka terhadapnya melampaui zaman Nabi Muhammad. 

Di antara 600 benda sakral, ruangan itu juga memiliki relik yang diyakini sebagai panci Nabi Ibrahim, tongkat Musa, dan serban Yusuf. 

“Ada budaya kepercayaan [tentang relik ini]. Ada juga barang-barang yang diyakini milik nabi-nabi lain di masa lalu,” kata Kucukasci. 

Pada awal abad ke-19, Sultan Mahmud II memutuskan untuk meninggalkan Has Oda dan mendedikasikan ruang tersebut secara eksklusif untuk relik suci. 

Putranya, Abdulmecid I, yang dengan gigih menjalankan kebijakan modernisasi negara Utsmaniyah, meninggalkan Istana Topkapi pada 1856 dan pindah ke Istana Dolmabahce yang baru dibangun, sebuah arsitektur bergaya neo-barok Prancis di sepanjang selat Bosphorus. 

Pada 1918, ketika Kekaisaran Ottoman di ambang kehancuran, salah satu jenderalnya Fahrettin Pasha menunjukkan pembangkangan yang luar biasa. Sebagai komandan pasukan Ottoman di kota suci Madinah, Pasha menolak menyerah di hadapan pasukan sekutu, mengesampingkan perintah atasannya. 

"Prajurit! Aku memohon kepadamu atas nama Nabi, saksiku. Aku perintahkan kamu untuk mempertahankan dia dan kotanya sampai peluru terakhir dan nafas terakhir, terlepas dari kekuatan musuh. Semoga Allah membantu kami, dan semoga doa Muhammad menyertai kami,” katanya kepada tentaranya selama pengepungan Madinah. 

Pada Januari 1919, Pasha ditangkap perwiranya sendiri dengan alasan tidak mematuhi perintah dari Istanbul, 72 hari setelah perjanjian gencatan senjata Kekaisaran Ottoman dengan pasukan Sekutu. Tetapi selama kebuntuan, Pasha menyelamatkan banyak relik suci yang signifikan dan membawanya ke Istana Topkapi di Istanbul.

Sumber:  https://www.trtworld.com/magazine/why-did-ottoman-sultans-safeguard-islam-s-holy-relics-in-istanbul-27405

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement