Rabu 26 Aug 2020 21:27 WIB

Ini Harapan Polri Jika Kompetisi Sepak Bola Bergulir

Semoga lanjutan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020 bisa memberikan manfaat

Logo Polri
Foto: istimewa
Logo Polri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Baintelkam) Polri Komjen Polisi Rycko Amelza Dahniel mengharapkan bergulirnya kompetisi sepak bola Liga 1 dan 2 Indonesia 2020 pada saat pandemi COVID-19 bisa membawa dampak positif kepada masyarakat.

"Semoga lanjutan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020 bisa memberikan manfaat bagi rakyat Indonesia di tengah pandemi virus corona yang masih terjadi," ujar Rycko, dikutip dari keterangan resmi operator liga PT Liga Indonesia Baru (LIB) yang diterima di Jakarta, Rabu (26/8).

Oleh sebab itu, Rycko menegaskan Baintelkam Polri mendukung penuh pelaksanaan Liga 1 dan 2 Indonesia musim 2020.

Pernyataan tersebut disampaikan Rycko ketika bertemu dengan Direktur Utama LIB Akhmad Hadian Lukita dan Direktur Operasional LIB Sudjarno di Markas Besar Polri, Jakarta, Rabu (26/8).

Dalam paparannya perjumpaan itu, Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita menyebut bahwa pelaksanaan lanjutan Liga 1 dan 2 Indonesia 2020 dapat mendatangkan keuntungan kepada masyarakat, klub dan sepak bola nasional secara umum.

Jalannya kompetisi juga dapat membantu persiapan Indonesia menuju Piala Dunia U-20 tahun 2021.

"Bukan hanya memberikan keuntungan untuk kompetisi internal, tetapi juga manfaat dalam skala yang lebih luas termasuk pembuktian Indonesia ke dunia internasional sebelum digulirkannya Piala Dunia U-20 tahun 2021," tutur Akhmad Hadian.

Sementara Direktur Operasional LIB Sudjarno menyebut bahwa persiapan LIB untuk liga sudah matang.

"Salah satu yang menjadi perhatian serius ada pada protokoler kesehatan selama kompetisi yang harus dipatuhi pemain, pelatih, sampai dengan personal lain yang terlibat dalam satu penyelenggaraan pertandingan. Semua pertandingan digelar tanpa penonton," kata Sudjarno.

Lanjutan Liga 1 musim 2020 berlangsung pada 1 Oktober 2020 hingga 28 Februari 2021. Kompetisi tetap digelar semusim penuh tetapi tanpa degradasi.

Semua laga Liga 1 2020 akan digelar di Pulau Jawa. Dengan dikonsentrasikan di sana, tim-tim akan berpindah-pindah dengan transportasi darat demi mencegah penyebaran COVID-19.

Liga 2 Indonesia musim 2020 bergulir pada 17 Oktober-5 Desember 2020. Kompetisi ini berlangsung dengan format turnamen yang melewati penyisihan grup.

Seluruh kegiatan selama lanjutan Liga 1 dan 2 Indonesia 2020 nantinya dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement