Rabu 26 Aug 2020 18:28 WIB

6 Kiat Belanja Bulanan Menjadi Lebih Hemat

Anda bisa bertukar kupon-kupon belanja menarik dengan teman.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Belanja bulanan (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Belanja bulanan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di tengah ketidakpastian kapan pandemi Covid-19 berakhir, tak ada salahnya bagi seseorang lebih berhemat dan menggunakan uang secara bijak. Ada beberapa trik yang bisa membantu orang-orang untuk lebih hemat saat berbelanja kebutuhan sehari-hari. Berikut ini adalah enam di antaranya, seperti dilansir di laman KFOR, beberapa waktu lalu.

1. Ikut program loyalty

Salah satu cara menghemat uang saat berbelanja adalah dengan mengikuti program loyalty yang diadakan suatu toko. Mengikuti program loyalty dari suatu toko dapat memberikan beragam penawaran, diskon, dan kupon. Dengan berbagai promo ini, belanja bisa menjadi lebih hemat.

2. Cari toko yang menerima kupon

Ada kupon yang bisa diterima di berbagai toko. Kupon-kupon ini bisa memberi lebih banyak keuntungan bila digunakan untuk memberi barang-barang diskon, seperti barang-barang "beli satu gratis satu".

3. Terogranisir

Memiliki banyak kupon yang tak terogranisir bisa cukup menyulitkan. Sebagian kupon mungkin bisa terabaikan sampai masa berlakunya habis. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mengurutkan kupon secara alfabet. Dengan begitu, kupon akan lebih mudah dicari.

4. Cari teman

Cara terbaik untuk menikmati proses menabung dan berhemat adalah dengan memiliki teman yang sejalan. Terlebih bila teman tersebut mau saling bertukar kupon-kupon menarik. Keberadaan teman juga dapat menambah motivasi dan menghindari kejenuhan selama berhemat.

4. Bandingkan merek

Bandingkan jenis produk yang sama yang dikeluarkan oleh beberapa merek berbeda. Dengan cara ini, orang-orang bisa mendapatkan jenis produk yang diinginkan dengan harga yang lebih murah.

5. Konsisten pada daftar belanja

Saat berbelanja bulanan, catat apa saja produk-produk yang dibutuhkan dan akan dibeli. Saat tiba di tempat belanja, hindari membeli produk di luar daftar belanjaan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement