Thursday, 5 Rabiul Awwal 1442 / 22 October 2020

Thursday, 5 Rabiul Awwal 1442 / 22 October 2020

UPI Terima 3.038 Maba Seleksi Jalur Mandiri dan Istimewa

Rabu 26 Aug 2020 10:13 WIB

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Andi Nur Aminah

Suasana kampus UPI Bandung yang terpantau sepi di saat pandemi Covid-19 (ilustrasi)

Suasana kampus UPI Bandung yang terpantau sepi di saat pandemi Covid-19 (ilustrasi)

Foto: Fauzi Ridwan/Republika
Pendaftar seleksi jalur mandiri mencapai 7.941 orang dan istimewa 385 orang.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) resmi menerima 3.038 mahasiswa baru terdiri atas 2.800 mahasiswa yang berasal dari seleksi jalur mandiri dan 238 mahasiswa dari jalur istimewa. Pendaftar seleksi jalur mandiri mencapai 7.941 orang. Sedangkan jalur istimewa sebanyak 385 orang.

Para mahasiswa jalur mandiri yang diterima oleh UPI meminati jurusan paling tinggi dengan urutan psikologi, ilmu komunikasi, manajemen, bimbingan konseling, teknik sipil, PGSD Bumi Siliwangi. Selanjutnya, bahasa dan sastra Inggris, arsitektur, akuntansi, manajemen pemasaran pariwisata.

Direktur Direktorat Pendidikan UPI, Asep Supriatna mengatakan seleksi jalur mandiri memberikan kesempatan kepada masyarakat luas untuk menjadi mahasiswa UPI dan berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Selain itu, pihak kampus berupaya menjaring calon mahasiswa unggul.

Baca Juga

"Seleksi Mandiri UPI memfasilitasi banyaknya calon mahasiswa yang berpotensi tinggi namun belum dapat lulus pada seleksi SNMPTN dan SBMPTN," ujarnya melalui keterangan pers yang diterima, Rabu (26/8).

Ia menjelaskan seleksi jalur mandiri diselenggarakan dengan menggunakan data nilai UTBK tahun 2020, nilai rapot dan portofolio. Menurutnya, khusus untuk portofolio ditujukan untuk peminat dalam bidang seni dan olahraga.

Selain itu, persyaratan umum lainnya yaitu lulus SMA/MA/SMK/Paket C tahun 2020,2019, 2018, sehat fisik dan mereka yang mendaftar pendidikan IPA harus mampu berbahasa Inggris baik. Selain itu, program studi ilmu pendidikan agama Islam harus mampu membaca Alquran dan tidak buta warna bagi pendaftar program studi seni rupa, desain komunikasi visual, film dan televisi, pendidikan kimia, kimia serta keperawatan.

Sementara itu, mahasiswa yang diterima melalui jalur istimewa meminati program studi dengan urutan pendidikan jasmani, kesehatan dan rekreasi, pendidikan kepelatihan olahraga, psikologi, ilmu komunikasi, film dan televisi, pendidikan bahasa arab. Selain itu, desain komunikasi visual, ilmu pendidikan agama Islam, pendidikan seni musik, manajemen, pendidikan seni tari dan ilmu olahraga. "Tujuan jalur prestasi Istimewa memberikan penghargaan kepada siswa yang memiliki prestasi istimewa," ungkapnya.

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA