Selasa 25 Aug 2020 22:58 WIB

Gubernur Tokyo Optimistis Olimpiade Sesuai Jadwal

Olimpiade 2020 diundur menjadi 2021 tapi diperkirakan tak molor lagi.

 Monumen cincin Olimpiade raksasa di Taman Laut Odaiba di Tokyo, Jepang, 16 Juli 2020.
Foto: EPA-EFE/FRANCK ROBICHON
Monumen cincin Olimpiade raksasa di Taman Laut Odaiba di Tokyo, Jepang, 16 Juli 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur Tokyo Yuriko Koike optimistis pelaksanaan Olimpiade musim panas bisa terselenggara sesuai jadwal pada 2021. Ia melihat perkembangan positif virus corona di Ibu Kota Jepang terkini.

"Menurut kami situasinya jauh lebih baik dari sebelumnya. Kami bekerja sebaik mungkin untuk mencegah infeksi virus corona di Jepang dan juga menerima kedatangan atlet dari seluruh dunia," kata Koike dalam sebuah sesi wawancara dengan Reuters, Selasa (25/8).

Bulan lalu, Koike sempat mengumumkan kemungkinan Tokyo mengeluarkan kondisi darurat jika penyebaran virus corona memburuk. Kasus harian di Jepang mencapai 400 orang di tengah pengujian yang terus ditambah. 

Namun tren kasus di Jepang dalam satu pekan terakhir mengalami penurunan, dan hanya ada 187 di Tokyo pada Selasa.

Koike mengatakan, Tokyo telah mengimplementasikan sejumlah langkah konkrit untuk menghadang pandemi. Akan tetapi, distribusi dan penerimaan vaksin menjadi faktor vital yang harus diperhatikan sebelum bisa memulai Olimpiade.

Koike, yang merupakan mantan penyiar televisi, merupakan mantan menteri pertahanan perempuan pertama di Jepang. Ia pernah menjadi kandidat perempuan pertama dari Partai Demokratik Liberal (LDP) yang mencalonkan sebagai perdana menteri.

Bersama Perdana Menteri Shinzo Abe, Koike sempat bersitegang dalam upaya menangani Covid-19. Dia meminta warga untuk membatasi kontak dan pergerakan, sementara pemerintahan Abe justru mendorong perjalanan domestik agar roda ekonomi regional terus berputar.

Kunjungan terakhir Abe ke sebuah rumah sakit telah meningkatkan perhatian apakah ia mampu melanjutkan kepemimpinannya. Ia berencana mengadakan sebuah konferensi pers sehubungan dengan kondisi kesehatannya pada pekan ini, media lokal melaporkan.

Menyikapi hal ini, Koike berharap Abe dalam keadaan yang baik dan memuji usahanya dalam mengamankan pelaksanaan Olimpiade.

"Saya kira dia lah yang akan membuka Olimpiade dan Paralimpiade 2020, atau yang kini sebenarnya (jadi tahun) 2021," kata Koike.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement