Selasa 25 Aug 2020 20:02 WIB

Ini Upaya Bottas Kembali ke Persaingan Gelar Juara F1

Bottas tertinggal 43 poin dari Hamilton dengan hanya mengumpulkan 56 poin di 5 seri.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
 Valtteri Bottas
Foto: Mark Sutton/AP
Valtteri Bottas

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Pembalap asal Inggris, Lewis Hamilton, masih belum bisa terbendung di pentas Formula One (F1) musim ini. Finis terdepan di GP Spanyol pada seri keenam F1 musim ini, dua pekan lalu, membawa Hamilton kian kokoh di klasemen sementara pembalap, dengan torehan 132 poin.

Kemenangan di GP Spanyol itu merupakan kemenangan keempat Hamilton dari enam seri yang telah digelar. Juara dunia F1 dalam tiga musim terakhir itu unggul 32 poin dari peringkat kedua, yang ditempati oleh pembalap Red Bull Racing-Honda, Max Verstappen.

Sebaliknya, penurunan performa justru dialami rekan setim Hamilton, Valtteri Bottas. Tampil dominan di seri pembuka musim ini di GP Austria, pembalap asal Finlandia itu tidak pernah lagi merasakan podium tertinggi.

Bahkan, Bottas sempat hanya bisa finis di peringkat ke-11 di GP Inggris. Di seri terakhir, Bottas kembali finis di belakang Hamilton dan Verstappen dan harus puas menempati posisi ketiga.

Posisi pembalap berusia 30 tahun itu di klasemen sementara pembalap pun terus melorot. Sempat unggul 13 poin di posisi puncak, runner-up F1 musim lalu itu kini terpuruk di peringkat ketiga.

Bottas tertinggal 43 poin dari Hamilton setelah hanya mampu mengumpulkan 56 poin di lima seri balapan terakhir. Bottas mengakui, jarak poin dengan pemuncak klasemen sementara pembalap memang cukup lebar.

''Ini tentu jauh dari kata ideal. Selisih poin begitu besar dan saya mulai melihat peluangnya semakin tipis untuk bisa jadi juara. Kami akan beristirahat beberapa hari untuk melihat apa yang salah,'' ujar Bottas seperti dilansir Crash, Selasa (25/8).

Bottas juga mengungkapkan, akan menggunakan masa jeda F1 musim ini untuk beristirahat dan menenangkan diri. ''Di GP Belgia, saya harap, saya sudah berada dalam kondisi mental yang lebih baik dan memberikan yang terbaik. Namun, untuk saat ini, saya hanya ingin berada di tempat lain,'' ujar Bottas.

Seri ketujuh F1 musim ini, GP Belgia, akan digelar di Sirkuit Spa-Francorchamps, akhir pekan ini. Setelah itu, sepekan kemudian Sirkuit Monza akan menjadi tuan rumah gelaran GP Italia.

Kemudian, sepekan setelah GP Italia, seri kesembilan F1 musim ini, GP Tuscan, akan digelar di Sirkuit Mugello. Tiga seri itu menjadi tiga seri yang digelar secara beruntun sebelum F1 musim ini kembali memasuki masa jeda selama tiga pekan. Di tiga seri tersebut, Bottas memiliki kesempatan untuk bisa kembali ke persaingan dalam perebutan gelar juara F1 musim ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement