Selasa 25 Aug 2020 11:38 WIB

FEB UBSI Adakan Sosialisasi Program Magang

Kegatan itu diikuti 565 mahasiswa semester V.

Prodi Administrasi Bisnis Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UBSI menggelar  sosialisasi terkait  kegiatan magang atau Praktik Kerja Lapangan (PKL) untuk mahasiswa semester V.
Foto: Dok UBSI
Prodi Administrasi Bisnis Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UBSI menggelar sosialisasi terkait kegiatan magang atau Praktik Kerja Lapangan (PKL) untuk mahasiswa semester V.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Program Studi  (Prodi) Administrasi Bisnis Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) mengadakan sosialisasi terhadap mahasiswa semester lima terkait  kegiatan magang atau Praktik Kerja Lapangan (PKL).

Sosialisasi yang diadakan pada Jumat (21/8) itu dibagi  menjadi dua sesi secara daring,  melalui media Zoom cloud meetings. Sosialisasi ini berlangsung selama tiga  jam dengan jumlah mahasiswa yang ikut serta sebanyak 565 orang.  Kegiatan itu  menghadirkan Ketua Program Studi Administrasi Bisnis, I Ketut Martana sebagai narasumber.

“Tujuan diselenggarakannya PKL yakni mempersiapkan mahasiswa menjadi tenaga profesional, disiplin, kreatif, dan jujur, untuk meningkatkan etos kerja sekaligus melatih diri dalam penguasaan bidang ilmu yang telah dipelajari dimasing-masing kurikulum serta menjelaskan terkait teknis pelaksanaan PKL dan ketentuan penyusunan proposal beserta laporannya agar mahasiswa memiliki gambaran serta tidak salah menggunakan outline dari prodi lain atau bahkan dari kampus luar,” tutur I Ketut Martana selaku ketua Program Studi Administrasi Bisnis seperti dikutip dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Ia menambahkan, sosialisasi ini dimaksudkan untuk memberikan informasi, gambaran, arahan serta mengajak mahasiswa-mahasiswi berdiskusi terkait teknis pelaksanaan kegiatan magang atau Praktik Kerja Lapangan (PKL) terutama di tengah pandemi Covid-19.

“Kegiatan magang dapat dilaksanakan selama 1- 3 bulan. Adapun jenis kegiatan magang yang dibolehkan adalah Magang Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB), magang di perusahaan, institusi atau lembaga pemerintah, atau organisasi nirlaba serta wirausaha yang memiliki legalitas minimal izin usaha seperti SIUP, izin dari pemda atau kementerian terkait,” bebernya.

photo
Suasana sosialisasi program magang yang diadakan oleh Prodi Administrasi Bisnis Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UBSI. (Foto: Dok UBSI)

Sementara, untuk kegiatan riset lapangan dilaksanakan oleh mahasiswa dengan melakukan observasi, wawancara atau teknik pengumpulan data lainnya secara langsung di lokasi riset sebanyak 3-5 kali. 

“Adapun jenis kegiatan riset lapangan yang diperbolehkan merupakan riset pada perusahaan, institusi atau lembaga pemerintah, atau organisasi nirlaba tentang topik yang sesuai dengan prodi Administrasi Bisnis. Seperti halnya riset lapangan, riset dalam jaringan (online) juga melakukan observasi dan pengumpulan data, bedanya riset ini dilakukan secara daring melalui laman resmi atau media publikasi organisasi yang diriset,” ungkap I Ketut.

Ia mengemukakan, Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan kegiatan akademik yang diharapkan dapat memberikan pengalaman bagi mahasiswa-mahasiswi Universitas Bina Sarana Informatika dalam rangka usaha menerapkan teori dan pengetahuan yang telah diterimanya di dalam kelas serta memperluas wawasan pada kegiatan nyata di program studi Administrasi Bisnis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement