Selasa 25 Aug 2020 11:33 WIB

Greta Thunberg Kembali Sekolah Setelah Cuti Kampanye Iklim

Greta mengaku senang bisa kembali sekolah lagi.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Dwi Murdaningsih
Greta Thunberg.
Foto: AP
Greta Thunberg.

REPUBLIKA.CO.ID, STOCKHOLM -- Aktivis lingkungan asal Swedia Greta Thunberg telah kembali ke sekolah setelah satu tahun cuti demi mengampanyekan perubahan iklim. Remaja yang baru berusia 16 tahun itu mengaku senang bisa kembali sekolah lagi.

"Tahun cuti saya dari sekolah sudah berakhir, dan sangat menyenangkan akhirnya bisa kembali ke sekolah lagi,” kata Thunberg di Twitter pribadinya seperti dikutip dari France24, Selasa (24/8).

Baca Juga

Ia kemudian mengunggah foto diri sedang tersenyum dengan tas sekolah di punggungnya dan tangannya bertumpu pada sepeda. Thunberg tidak mengatakan di kota atau sekolah mana dia akan melanjutkan studinya.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 

My gap year from school is over, and it feels so great to finally be back in school again!

Sebuah kiriman dibagikan oleh Greta Thunberg (@gretathunberg) pada

Sejak tahun ajaran akhir selesai pada Juni 2019, Thunberg disibukkan dengan perjalanan keliling dunia untuk mengampanyekan krisis iklim. Ini  membuatnya terpaksa belajar dari jarak jauh.

Saat itu, dia menerima ajakan berlayar melintasi Samudera Atlantik dengan menumpang perahu layar untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Iklim PBB di ibu kota Chili, Santiago. Namun konferensi tersebut akhirnya dialihkan ke Madrid karena terjadi kerusuhan besar-besaran di Chili.

Thunberg sempat meluapkan amarahnya karena kecewa terhadap para pemimpin dunia dalam KTT tersebut. Ia mengatakan bahwa para pemimpin hanya memberikan harapan dan janji palsu dalam hal perbaikan iklim.

“Anda telah mencuri mimpi saya dan masa kecil saya dengan omong kosong. Kita saat ini berada di awal kepunahan massal, tetapi yang Anda bicarakan hanya uang dan dongeng tentang perkembangan ekonomi. Anda mengecewakan kami,” kata Thunberg kala itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement