Friday, 27 Zulhijjah 1442 / 06 August 2021

Friday, 27 Zulhijjah 1442 / 06 August 2021

Maroko Tolak Normalisasi Hubungan dengan Israel

Senin 24 Aug 2020 20:19 WIB

Red: Nur Aini

Maroko tolak normalisasi hubungan diplomatik dengan israel

Maroko tolak normalisasi hubungan diplomatik dengan israel

PM Maroko mengatakan Maroko akan selalu membela hak-hak rakyat Palestina

 

REPUBLIKA.CO.ID, RABAT -- Perdana Menteri Maroko Saad-Eddine El-Othman menegaskan bahwa negaranya menolak segala bentuk normalisasi dengan Israel.

Baca Juga

"Kami menolak untuk menormalisasi hubungan dengan entitas Zionis yang akan membuatnya semakin berani untuk melanggar hak-hak rakyat Palestina," kata El-Othmani dalam rapat Partai Keadilan dan Pembangunan (PJD).

Dia juga mengatakan bahwa raja, pemerintah, dan rakyat Maroko akan selalu membela hak-hak rakyat Palestina dan Masjid Al-Aqsa di Yerusalem yang diduduki Israel sejak tahun 1967. Pada 1993, Maroko dan Israel sempat menjalin hubungan diplomatik usai penandatanganan Kesepakatan Oslo antara Palestina dan Israel. Namun, Rabat menangguhkan hubungan dengan Israel pasca meletusnya pemberontakan Palestina pada 2000.

Awal bulan ini, Uni Emirat Arab (UEA) dan Israel mengumumkan kesepakatan yang diperantarai AS untuk menormalisasi hubungan mereka, termasuk membuka kedutaan besar di wilayah masing-masing. Kelompok Palestina mengecam kesepakatan ini yang dianggap tidak melayani kepentingan Palestina dan mengabaikan hak-hak rakyat Palestina.

*Ahmed Asmar turut melaporkan dari Ankara

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/maroko-tolak-normalisasi-hubungan-dengan-israel-/1951501
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA