Ahad 23 Aug 2020 23:46 WIB

PD Salimah Sumbawa Bagikan Bibit Tanaman Gratis

Pembagian bibit ini bertujuan agar masyarakat lebih banyak beraktivitas di rumah.

PD Salimah Sumbawa  membagi bibit tanaman secara gratis kepada warga masyarakat Sumbawa, Ahad (23/8) di Taman Mangga Sumbawa Besar.
Foto: Dok PD Salimah Sumbawa.
PD Salimah Sumbawa membagi bibit tanaman secara gratis kepada warga masyarakat Sumbawa, Ahad (23/8) di Taman Mangga Sumbawa Besar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PD Salimah Sumbawa  membagi bibit tanaman secara gratis kepada warga masyarakat Sumbawa, Ahad (23/8) di Taman Mangga Sumbawa Besar. Ratusan jenis bibit tanaman dikumpulkan dari donasi para anggota Salimah dan mitra. 

Jenis bibit yang dibagikan berupa tanaman rempah, tanaman obat, bumbu dapur, bunga,  buah dan sayuran, seperti alpukat, rambutan, tomat, cabai, mint, miana, sedap malam dan masih banyak lagi.

Baca Juga

Kegiatan ini sangat diminati, terlihat dari antusiasme masyarakat yang datang mengambil bibit tanaman. Tidak sampai satu jam ratusan bibit tanaman yang tersedia habis tidak tersisa. 

Ketua PD Salimah Sumbawa, Rohani menjelaskan, kegiatan ini akan berkelanjutan diadakan dengan tujuan agar masyarakat lebih banyak beraktivitas di rumah dengan merawat tanaman yang bermanfaat.

"Dampak lainnya bisa mengurangi penyebaran covid 19 dan juga pada akhirnya masyarakat mempunyai sumber pangan yang ada di rumah nya," kata dia dalam keterangan tertulis yang diterima.

Ia berharap masyarakat bisa mengoptimalkan pemanfaatan lahan atau pekarangan kosong yang dimiliki. Lahan yang selama ini tidak dimanfaatkan bisa digunakan untuk ketahanan dan ketersedian pangan bagi keluarga dan lingkungan sekitar.

Selain untuk ketahanan pangan, pembagian bibit juga bertujuan untuk merangsang kemauan masyarakat agar kembali bercocok tanam khususnya para ibu-ibu.

Adanya wabah saat ini, justru semakin meningkatkan potensi dan semangat para ibu-ibu untuk bercocok tanam karena mereka membutuhkan banyak aktivitas selama diam di rumah saja.

“Harapan kami, kegiatan pembagian gratis ini bisa mendidik masyarakat. Bahwa kebutuhan sehari-hari ini pada dasarnya bisa diciptakan sendiri, tidak harus membeli. Semoga bibit yang dibagikan bisa membantu meringankan masyarakat,” kata Rohani.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement