Ahad 23 Aug 2020 23:39 WIB

Jaga Kelestarian Alam, Warga Badung Tanam Pohon Cemara Udang

Upaya itu dilakukan guna menjaga kelestarian alam.

Menanam pohon (ilustrasi)
Foto: Adaro
Menanam pohon (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, melaksanakan kegiatan penanaman Pohon Cemara Udang dan aksi bersih-bersih pantai di sepanjang Pantai Segara Samuh Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali. Upaya itu dilakukan guna menjaga kelestarian alam.

"Kegiatan penanaman Pohon Cemara Udang dan bersih-bersih pantai ini merupakan salah satu program dan komitmen kami dalam upaya menjaga kelestarian dan keberlangsungan ekosistem laut serta mencegah abrasi pantai," ujar Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa di Mangupura, Ahad (23/8).

Baca Juga

Dalam kesempatan itu, Wabup Suiasa bersama jajaran dan masyarakat setempat bersinergi membersihkan sampah yang ada di sepanjang Pantai Segara Samuh. Sampah yang terdiri dari sampah organik seperti daun, ranting maupun batang kayu serta sampah non-organik dikumpulkan lalu kemudian diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir.

Meskipun kegiatan itu menurutnya merupakan kegiatan yang sederhana, namun dinilai sangat bermanfaat untuk alam dan masyarakat dalam upaya menjaga keindahan dan keasrian pantai khususnya karena saat ini Badung sedang memasuki era tatanan kehidupan baru dimana segala sektor khususnya pariwisata sudah mulai bangkit dan berbenah.

"Untuk sektor pariwisata, penataan kembali destinasi-destinasi wisata sangat penting dilaksanakan, salah satunya di Pantai Segara Samuh ini. Kebersihan dan kelestarian pantai yang menjadi objek pariwisata juga akan terus mendapatkan sentuhan dan perhatian kami dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat," kata Wabup Suiasa.

Ia mengatakan, kegiatan yang dijalankan secara gotong royong itu juga bertujuan untuk menggugah kesadaran masyarakat terkait pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya, karena apabila hal tersebut tidak dilaksanakan makan akan berdampak buruk bagi masyarakat dan lingkungan sekitarnya.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat serta para pemuda yang sudah bersama-bersama ikut dalam aksi penanaman pohon dan bersih-bersih pantai ini serta sudah proaktif membantu pemerintah mengedukasi masyarakat lainnya secara luas tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan khususnya di pantai agar ekosistem laut dapat terjaga dengan baik," ungkapnya.*

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement