Friday, 13 Rabiul Awwal 1442 / 30 October 2020

Friday, 13 Rabiul Awwal 1442 / 30 October 2020

Masyarakat Harus Makin Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan

Ahad 23 Aug 2020 21:20 WIB

Red: Ratna Puspita

Replika peti mati merupakan salah satu cara menyosialisasikan agar warga menaati protokol kesehatan selama pandemi Covid-19. (Ilustrasi)

Replika peti mati merupakan salah satu cara menyosialisasikan agar warga menaati protokol kesehatan selama pandemi Covid-19. (Ilustrasi)

Foto: Prayogi/Republika
Pendekatan pencegahan Covid-19 harus dilakukan pemerintah dan tiap individu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pakar Kesehatan Masyarakat Dr Hermawan Saputra mengingatkan masyarakat untuk semakin disiplin menerapkan protokol kesehatan pada era adaptasi kebiasaan baru. "Pada saat ini, hampir seluruh sektor mulai dibuka, termasuk sekolah yang berada di zona kuning dan hijau," ujar Hermawan dalam keterangannya di Jakarta, Ahad (23/8).

Meski sekolah sudah dibuka, lanjut dia, bukan berarti pandemi Covid-19 telah usai, melainkan tren penyebaran virus justru meningkat. Untuk itu, masyarakat harus disiplin mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah serta memiliki persiapan yang baik untuk diri sendiri juga keluarga.

Hermawan menyebut terdapat dua pendekatan yang dilakukan agar aman beraktivitas selama pandemi Covid-19. Pendekatan pertama dari sisi pemerintah dan yang kedua adalah dari masing-masing individu.

Baca Juga

Pemerintah telah menjalankan tugasnya dengan melindungi masyarakat dan memberikan imbauan agar masyarakat menerapkan protokol kesehatan. "Untuk pendekatan dari individu, yakni perlu menerapkan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS), menggunakan masker, jaga jarak, dan jaga selalu imunitas tubuh dengan mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang, istirahat cukup," paparnya.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA