Ahad 23 Aug 2020 11:45 WIB

Sinyal Restu Koeman untuk Kepergian Suarez

Koeman tak masalah Suarez kembali ke Ajax.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
 Luis Suarez
Foto: EPA-EFE/ALBERTO ESTEVEZ
Luis Suarez

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM -- Dalam sebuah wawancara dengan stasiun radio asal Belanda, pelatih Barcelona, Ronald Koeman, mengaku, siap merestui kepergian Luis Suarez ke Ajax Amsterdam. Ini diprediksi akan terhadi pada bursa transfer awal musim depan. 

Sebelumnya, nama striker asal Uruguay itu menjadi satu dari sekian penggawa Barcelona yang siap dilepas tim asal Katalan tersebut.

Salah satu rumor yang paling santer terkait kelanjutan kiprah penyerang berjuluk el Pistolero itu adalah kemungkinan kembalinya Suarez ke Ajax Amsterdam. 

Nama Suarez mulai mencuat di pangung sepak bola Eropa pascapenampilan impresifnya bersama Ajax Amsterdam. Selama empat musim mengenakan seragam Die Godenzonen, tepatnya pada 2007 hingga 2011, Suarez mencetak 111 gol dari 159 penampilan di semua ajang.

Satu titel Eredivisie dan gelar juara KNVB Cup mampu dipersembahkan Suarez buat Ajax. Performa apik yang akhirnya membuat Liverpool rela merogoh kocek sedalam 22,8 juta pound untuk bisa memboyong eks striker Groningen tersebut. 

Dengan nilai transfer tersebut, Suarez menjadi pemain termahal yang pernah didatangkan The Reds pada saat itu.

Kini, setelah masa depannya bersama Barcelona dikabarkan tengah berada di ujung tanduk, Suarez diharapkan kembali ke Ajax Amsterdam. Setidaknya inilah yang diharapkan seorang penyiar asal stasiun radio di Belanda yang juga fans Ajax, Jelmer Gussinklo, saat mewawancarai Koeman. 

''Tolong biarkan Suarez pergi ke Ajax,'' ujarnya dalam kesempatan wawancara tersebut.

Koeman pun menjawab dengan setengah bercanda. ''Suarez kembali ke Ajax? Jika kepindahan itu membuat Anda senang dan bahagia, maka baiklah, tidak ada masalah,'' kata pelatih asal Belanda itu seperti dilansir The Sun, Ahad (23/8).

Setelah penampilan mengecewakan Barcelona pada musim lalu, tanpa meraih satu gelar pun, ditambah kekalahan memalukan 2-8 dari Bayern Muenchen di babak perempat final Liga Champions, manajemen klub bertekad melakukan revolusi besar-besaran di skuat Blaugrana. Setelah memecat Quique Setien dari kursi pelatih dan Eric Abidal dari jabatan Direktur Olahraga, Presiden Barcelona, Josep Maria Bartemou, menunjuk Ronald Koeman sebagai pelatih anyar Barca.

Pun dengan kemungkinan melepas sejumlah penggawa senior. Mulai dari Arturo Vidal, Ivan Rakitic, Sergio Busquets, Gerard Pique, dan Luis Suarez, dikabarkan masuk daftar jual Barcelona pada awal musim depan. 

Khusus untuk Suarez, penyerang asal Uruguay itu memang telah menginjak usia 33 tahun. Pun dengan cedera yang mulai sering mengganggu performa Suarez. Pada musim lalu, Suarez harus absen dalam 15 laga di semua ajang lantaran mengalami serangkain cedera, termasuk cedera lutut.

Terlepas dari kondisi tersebut, penyerang yang direkrut Barcelona pada 2014 itu sebenarnya masih mampu menunjukan ketajamannya. Pada musim lalu, Suarez mampu mengemas 21 gol dan 12 assist dari 36 penampilan di semua ajang. Bahkan, top skorer Liga Spanyol musim 2015/2016 itu menempati urutan ketiga dalam daftar top skorer sepanjang masa Barcelona, dengan torehan 198 gol dari 209 laga di semua ajang. 

Apabila nantinya Barcelona memutuskan melepas Suarez, maka manajemen klub tentu diharapkan bisa menemukan pemain yang bisa menggantikan peran striker yang masih mengantongi kontrak bersama Barcelona hingga 2021 tersebut dalam urusan mencetak gol. Pun dengan tuntutan untuk bisa cepat beradaptasi dengan gaya permainan Blaugrana. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement