Ahad 23 Aug 2020 10:39 WIB

Penjualan Rumah di AS Naik, Tanda Pemulihan Ekonomi?

Peningkatan terjadi karena suku bunga hipotek rendah dan tren bekerja dari rumah.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Friska Yolandha
Penjualan rumah di AS naik pada rekor harga untuk bulan kedua berturut-turut di bulan Juli.
Foto: AP Photo/Gene J. Puskar
Penjualan rumah di AS naik pada rekor harga untuk bulan kedua berturut-turut di bulan Juli.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Penjualan rumah di AS naik pada rekor harga untuk bulan kedua berturut-turut di bulan Juli. Peningkatan ini karena suku bunga hipotek mendekati rekor terendah dan tren bekerja dari rumah tampaknya menarik banyak orang Amerika untuk pindah lebih jauh dari pusat kota.

National Association of Realtors mengatakan pada Jumat (21/8) bahwa penjualan rumah yang ada naik 24,7 persen ke tingkat tahunan yang disesuaikan secara musiman sebesar 5,86 juta unit bulan lalu dari 4,7 juta pada bulan Juni.

Baca Juga

Harga rumah juga melesat ke rekor 304.100 dolar AS, dan kekurangan persediaan membuat persaingan untuk rumah semakin sengit. Waktu rata-rata di pasar turun menjadi 22 hari di bulan Juli, rekor terendah, dari 24 di bulan Juni, dan hampir 70 persen terjual dalam waktu kurang dari sebulan.

Dikombinasikan dengan kenaikan 20,2 persen di bulan Juni, penjualan rumah telah menjamur hampir 50 persen dalam dua bulan. Tingkat penjualan rumah pada Juli adalah yang tercepat sejak Desember 2006, ketika negara itu berada di tahap terakhir dari ledakan perumahan subprime mortgage.

"Pasar perumahan telah melewati fase pemulihan dan sekarang berkembang pesat dengan penjualan rumah yang lebih tinggi dibandingkan dengan hari-hari sebelum pandemi," kata Lawrence Yun, kepala ekonom NAR. 

"Dengan pergeseran yang cukup besar dalam pekerjaan jarak jauh, pemilik rumah saat ini mencari rumah yang lebih besar dan ini akan mengarah pada tingkat permintaan sekunder bahkan hingga 2021," jelasnya.

Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan penjualan naik 14,7 persen ke tingkat 5,38 juta unit di Juli. Penjualan rumah yang ada, yang menyumbang sekitar 85 persen dari penjualan rumah AS, naik di keempat wilayah dan naik 8,7 persen secara nasional dari tahun sebelumnya.

Suku bunga hipotek tetap 30 tahun rata-rata 2,99 persen, mendekati level yang terakhir terlihat pada awal 1970-an, menurut data dari lembaga keuangan hipotek Freddie Mac. Data awal pekan ini menunjukkan pembangunan rumah mengalami percepatan paling tinggi dalam hampir empat tahun di bulan Juli.

Perumahan telah menjadi titik terang dalam ekonomi bahkan ketika sektor-sektor lain menderita di tengah meluasnya infeksi virus corona yang telah memperlambat perdagangan dan membuat pengangguran tetap tinggi.  Lebih dari 28 juta orang mengumpulkan tunjangan pengangguran di bawah semua program pada akhir Juli.

Pandemi membawa ekonomi ke dalam resesi pada bulan Februari, mengakhiri ekspansi sepanjang rekor yang telah membawa pengangguran AS ke level terendah dalam 50 tahun.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement