Ahad 23 Aug 2020 06:40 WIB

Lima Pilihan Sarapan untuk Penderita Diabetes

Menu sarapan untuk penderita diabetes harus dipilah.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Muhammad Hafil
Lima Pilihan Sarapan untuk Penderita Diabetes. Foto ilustrasi: Diet mediterania dianggap aman bagi penderita sakit jantung dan diabetes (Ilustrasi minyak zaitun untuk diet mediterania)
Foto: Flickr
Lima Pilihan Sarapan untuk Penderita Diabetes. Foto ilustrasi: Diet mediterania dianggap aman bagi penderita sakit jantung dan diabetes (Ilustrasi minyak zaitun untuk diet mediterania)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Sarapan penting bagi semua orang, termasuk bagi penderita diabetes. Namun bagi penderita diabetes, menu sarapan harus benar-benar dipilah karena dapat berdampak pada kadar gula darah mereka.

Diabetes adalah suatu kondisi yang membutuhkan perawatan konstan dan teratur. Ketidakseimbangan kadar gula darah berkepanjangan dapat menyebabkan komplikasi yang parah seperti penyakit jantung, kerusakan organ vital dan lainnya. Orang dengan diabetes juga telah termasuk dalam kategori rentan Covid-19.

Baca Juga

Jadi pastikan menu sarapan harus bergizi, mengandung serat, protein, dan rendah karbohidrat untuk memastikan kadar gula darah tetap dalam batas normal. Melansir laman Times Now News, Ahad (23/8) berikut 5 pilihan sarapan untuk penderita diabetes

1. Smoothie

Smoothie buah seperti pisang, beri, pepaya, dan lainnya adalah pilihan sarapan yang baik untuk penderita diabetes. Selain mudah dibuat, smoothie juga memberikan nutrisi dan serat yang cukup bagi tubuh. Smoothie pun kaya akan gula alami yang dapat membantu memberikan jumlah karbohidrat yang tepat bagi penderita diabetes, tanpa harus mengonsumsi gula tambahan.

2. Oat

Oat adalah salah satu makanan yang paling mengandung serat. Oat bisa dinikmati dengan menambahkannya ke smoothie, atau hanya oat. Sarapan oat dapat membantu mengatur kadar gula darah, juga memberi rasa kenyang. Oat juga dianggap sebagai salah satu pilihan sarapan paling sehat untuk menurunkan berat badan.

3. Omelet

Omelet cukup populer di masyarakat Indonesia. Bahannya juga murah dan mudah didapat. Omelet kaya akan protein, sehingga cocok dijadikan sarapan bagi penderita diabetes. Agar lebih sempurna bisa dilahap dengan sepotong roti, atau menambahkan sayuran bergizi seperti tomat, bawang bombay, wortel, jamur, dan lainnya ke dalam adonan omelet.

4. Kacang

Kacang adalah makanan dengan indeks glikemik (GI) rendah, sehingga aman dikonsumsi penderita diabetes. Mencampurkan sayuran dengan kacang juga dapat membantu meningkatkan nilai gizi, dan memberikan lebih banyak serat bagi tubuh.

5. Poha

Ini merupakan salah satu sarapan paling populer di India. Poha terbuat dari beras atau beras merah yang dihancurkan sehingga kaya serat. Anda juga bisa menambahkan sayuran pilihan ke dalamnya. Poha juga merupakan makanan probiotik yang baik, yang memastikan pencernaan lebih baik dan usus yang sehat.

Sumber:

https://www.timesnownews.com/health/article/diabetic-diet-5-breakfast-options-for-diabetes-that-will-help-regulate-blood-sugar-levels/641023

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement