Sabtu 22 Aug 2020 17:24 WIB

Joan Mir Tercepat pada Sesi Latihan Bebas Ketiga GP Styria

Pembalap tim Suzuki Ecstar itu menempuh waktu satu menit 23,456 detik.

Pembalap Suzuki Ecstar di MotoGP, Joan Mir.
Foto: EPA-EFE/AHMAD YUSNI
Pembalap Suzuki Ecstar di MotoGP, Joan Mir.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  -- Joan Mir membuat kejutan pada sesi latihan bebas ketiga Grand Prix Styria, Sabtu (22/3). Mir mencatatkan waktu tercepat di antara para rivalnya.

Pembalap tim Suzuki Ecstar itu menempuh waktu satu menit 23,456 detik yang sekaligus menjadi catatan terbaik dari ketiga sesi latihan, demikian laman resmi MotoGP.

Baca Juga

Mir memiliki bekal untuk mengulangi kesuksesannya di Red Bull Ring, Austria. Ketika iti, ia mencapai hasil terbaiknya sekaligus podium pertamanya di MotoGP ketika finis runner-up, akhir pekan lalu.

Di belakang pembalap asal Spanyol itu, Fabio Quartararo memperbaiki catatan waktunya untuk menjadi rider tercepat kedua dengan selisih 0,151 detik.

Takaaki Nakagami masih menjadi andalan Honda, saat Marc Marquez absen karena cedera, dan menempatkan motor RC213V di peringkat tiga secara keseluruhan.

Juara GP Austria Andrea Dovizioso memiliki catatan waktu terbaik yang sama dengan pebalap LCR Honda itu, yang terpaut 0,154 detik dari pemuncak sesi.

Maverick Vinales mengamankan P5 untuk tim Monster Energy Yamaha diikuti dua motor KTM Pol Espargaro dan Miguel Oliveira.

Pascainsiden dengan Johann Zarco, Franco Morbidelli tak gentar memacu kembali motor Yamaha M1-nya untuk berada di P8 mengungguli pebalap Suzuki Alex Rins yang tampil cepat kendati masih memulihkan diri dari cedera bahu.

Tiga menit menjelang bubaran, Jack Miller terjatuh di Tikungan 6 sehingga pebalap tim Pramac Racing itu hanya mampu finis P10, menempati slot terakhir untuk lolos langsung ke Q2.

Pebalap yang berada di peringkat 10 besar tercepat dari tiga sesi latihan bebas pertama akan langsung mendapat tempat memperebutkan posisi start terdepan di Q2. Sisanya harus bertarung terlebih dahulu di Q1 di mana hanya dua pembalap tercepat di sesi ini yang bisa lolos ke sesi terakhir babak kualifikasi.

Q1 akan menjadi ajang pertempuran bagi Brad Binder, Danilo Petrucci, Valentino Rossi dan Cal Crutchlow yang semuanya terlempar dari posisi 10 besar.

Sesi latihan bebas yang sangat ketat mengingat catatan waktu 19 dari 22 pebalap hari itu berada dalam rentang satu detik.

Johann Zarco dinyatakan fit untuk mengikuti sesi latihan pada Sabtu pascaoperasi tulang skafoid. Pembalap tim Esponsorama Racing itu dikenai penalti dan bakal start dari jalur pit menyusul insiden kecelakaan dengan Morbidelli di GP Austria.

Michele Pirro masih ditugasi menggantikan pembalap tim Pramac Racing Francesco Bagnaia yang cedera lutut. Adapun Stefan Bradl menggantikan Marc Marquez yang masih dalam pemulihan cedera pascaoperasi tulang humerus.

Berikut catatan waktu sepuluh besar terbaik dari tiga sesi latihan GP Styria

1 J. MIR 1:23.456

2 F. QUARTARARO +0.151

3 T. NAKAGAMI +0.154

4 A. DOVIZIOSO +0.154

5 M. VIÑALES +0.161

6 P. ESPARGARO +0.204

7 M. OLIVEIRA +0.269

8 F. MORBIDELLI +0.271

9 A. RINS +0.298

10 J. MILLER +0.339

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement