Sabtu 22 Aug 2020 04:36 WIB

Fakta Menarik Final Liga Europa, Inter Milan Vs Sevilla

Sejumlah fakta menarik mewarnai laga Final Liga Europa antara Inter Milan vs Sevilla.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Bayu Hermawan
Sevilla berhasil menjadi juara Liga Europa usai kalahkan Inter Milan dengan skor 3-2 dalam pertandingan di Stadion Rheine Energie, Koln, Jerman, Sabtu (22/8) dini hari WIB.
Foto: EPA
Sevilla berhasil menjadi juara Liga Europa usai kalahkan Inter Milan dengan skor 3-2 dalam pertandingan di Stadion Rheine Energie, Koln, Jerman, Sabtu (22/8) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, KOLN -- Sevilla berhasil keluar sebagai juara Liga Europa musim 2019/20 setelah mengalahkan Inter Milan dengan skor 3-2, Sabtu (22/8) dini hari WIB. Dua gol Luuk De Jong plus satu blunder Romelu Lukaku membawa wakil Spanyol meraih gelar keenam mereka dalam turnamen tersebut. 

Namun, Inter juga bermain impresif dalam laga ini, karena Nerrazzuri mencetak gol cepat ketika babak pertama baru berjalan lima menit. Meski begitu, skuat asuhan Julen Lopetegui berhasil mengejar ketertinggalan sekaligus mengubah keadaan. 

Baca Juga

Di satu sisi, pertandingan final Liga Europa yang tidak dihadiri penonton itu juga menyisakan beberapa fakta menarik dan rekor yang terpecahkan. Berikut fakta menarik dari laga tersebut:

photo
Pemain Sevilla merayakan keberhasilan menjadi juara Liga Europa usai kalahkan Inter Milan dengan skor 3-2 - (EPA)

1. Enam Final, Enam Kemenangan untuk Sevilla

Sevilla menjadi satu-satunya klub yang menjuarai enam Liga Europa. Mereka juga mencetak sejarah karena dari enam final yang mereka ikuti pada 2006, 2007, 2014, 2015, 2016, dan 2020, semuanya berhasil mereka menangkan. 

photo
Penyerang Inter Milan Romelu Lukaku pada pertandingan melawan Sevilla di Stadion Rheine Energie, Koln, Jerman, Sabtu (22/8) dini hari WIB. - (EPA)

2. Lukaku Pecahkan Rekor Gol

Pemain sempalan Manchester United, Romelu Lukaku sebenarnya berhasil menyamai catatan rekor milik Ronaldo yang bertahan 22 tahun karena mencetak 34 gol di musim debutnya di Inter Milan.

Namun seperti dicatat Statman Dave, striker asal Belgia tersebut juga berhasil menjadi pemain pertama yang mencetak gol ke gawang lawan dan ke gawang sendiri di final Liga Europa dalam sejarah. 

3. Diego Godin Cetak Rekor Pribadi

Statistik Squawka menyebut Diego Godin adalah satu-satunya bek yang mencetak gol di final Liga Champions dan Liga Europa.  Pemain asal Uruguay itu sukses mencatatkan namanya di papan skor di kedua final ketika masih berseragam Atletico Madrid dan kini Inter Milan.

4. Luuk De Jong Jadi Pemain Ketujuh yang Cetak Dua Gol di Final Liga Europa

Seperti dikutip Squawka, De Jong tercatat menjadi pemain ketujuh yang mencetak dua gol dalam final Liga Europa. 

photo
Pelatih Inter Milan Antonio Conte - (EPA)

5. Antonio Conte Raih Kartu Kuning di Final sebagai Pemain dan Pelatih

Pelatih Inter Milan, Antonio Conte sempat mendapat kartu kuning di final Liga Europa saat masih berseragam Juventus. Kini saat melatih Inter Milan, ia juga diganjar kartu kuning oleh wasit. Selain itu, ia juga gagal dalam empat final kompetisi Eropa: tiga kali di Liga Champions (1997, 1998, 2003) dan laga ini merupakan kegagalan pertamanya di final Liga Europa. 

6. Diego Carlos Pahlawan Kemenangan Sevilla

Diego Carlos menjadi pahlawan kemenangan Sevilla atas Inter Milan, melalui golnya pada menit ke-75. Uniknya, dalam tiga pertandingan terakhir, Sevilla selalu mendapat hukuman pinalti akibat pelanggaran yang dilakukan oleh Carlos.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement