Sabtu 22 Aug 2020 03:52 WIB

Koeman Janji Mainkan De Jong dan Griezmann di Posisi Ideal 

Koeman janji mainkan De Jong dan Griezmann di posisi ideal dalam skuat Barcelona.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Bayu Hermawan
Antoine Griezmann
Foto: EPA-EFE/ALBERTO ESTEVEZ
Antoine Griezmann

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Ronald Koeman sudah memiliki gambaran apa yang akan dilakukannya di Barcelona musim depan. Pelatih asal Belanda itu baru saja resmi menjadi pelatih Blaugrana

Sejumlah tugas menanti Koeman. Intinya, Koeman diharuskan mengangkat Blaugrana dari keterpurukan. Demi mencapai target tersebut, ia siap melakukan berbagai cara. Salah satunya mengembalikan para pemain bintang ke posisi terbaik. 

Baca Juga

Pertama ada Frenkie de Jong. Di era Ernesto Valverde dan Quique Setien, mantan bintang Ajax Amsterdam itu sering ditempatkan sebagai gelandang kiri. Koeman menilai, itu bukan posisi ideal pesepakbola 23 tahun tersebut. Ia akan emainkan De Jong sebagai gelandang tengah. 

"Itu ide saya. Jika anda berinvestasi besar untuk pemain muda, anda mengeluarkan banyak uang saat mendatangkannya, anda harus membiarkan dia bermain di posisi di mana dia tampil bagus," kata mantan arsitek tim nasional Belanda, dikutip dari Marca, Sabtu (22/8). 

Koeman tak asal bicara. Ia berpengalaman menangani De Jong di skuat negeri kincir angin. Hanya saja masih Sergio Busquets di posisi tersebut. Fakta tersebut berpotensi menambah suasana kompetisi di lini tengah Blaugrana. Selanjutnya Antoine Griezmann. Eks superstar Atletico Madrid belum menunjukkan aksi impresif dalam setahun di Barca. 

Padahal Griezmann memiliki latar belakang mentereng. Sebagai pemain reguler, sang bintang membawa Prancis menjadi juara dunia 2018. Sama seperti De Jong, Griezmann cenderung ditempatkan sebagai winger kiri di Barca. Koeman menilai kondisi tersebut, menjadi penyebab jagoan Les Bleus mengalami penurunan performa. 

"Dia bukan pemain sayap murni. Dia harus bermain di posisi yang biasa dia mainkan," ujar juru taktik berusia 57 tahun ini. 

Selama di Atletico dan di timnas Prancis, Griezmann sering ditempatkan sebagai penyerang lubang, dalam formasi dua striker. Menarik dinantikan bagaimana racikan Koeman menangani Lionel Messi dan rekan-rekan. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement