Jumat 21 Aug 2020 21:19 WIB

Enam Orang dalam Satu Keluarga Positif Covid-19

Lima diantara enam orang tersebut merupakan kasus baru

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: A.Syalaby Ichsan
Petuga medis mempersiapkan tes usap (swab test) kepada wartawan di Gedung Dewan Pers, Jakarta, Rabu (12/8/2020). Tes tersebut diselenggarakan Dewan Pers bekerja sama dengan Dinkes DKI Jakarta yang bertujuan untuk menelusuri penyebaran COVID-19 di kalangan wartawan.
Foto: ANTARA FOTO/Reno Esnir
Petuga medis mempersiapkan tes usap (swab test) kepada wartawan di Gedung Dewan Pers, Jakarta, Rabu (12/8/2020). Tes tersebut diselenggarakan Dewan Pers bekerja sama dengan Dinkes DKI Jakarta yang bertujuan untuk menelusuri penyebaran COVID-19 di kalangan wartawan.

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU – Enam orang dalam satu keluarga di Kabupaten Indramayu dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. Masyarakat pun kembali diingatkan untuk selalu mematuhi protokol kesehatan secara ketat.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Indramayu, Deden Bonni Koswara, menyebutkan, dari enam orang itu, lima di antaranya merupakan kasus baru pada Jumat (21/8). Mereka terdiri dari Tn D (70 tahun), Tn SS (50 tahun), Ny S (40 tahun), SAS (11 tahun), dan Ny S (46 tahun). Semua beralamat di Kecamatan Tukdana.

Menurut Deden, satu keluarga tersebut merupakan kontak erat dari anggota keluarga mereka, yakni Ny T (64 tahun), yang telah terkonfirmasi positif Covid-19 dan telah meninggal dunia beberapa hari lalu.

"Semua pasien tidak ada riwayat perjalanan keluar kota. Mereka saat ini telah masuk ruang isolasi RS Bhayangkara. Untuk kontak eratnya, kami masih melakukan pendataan,’’ terang Deden, Jumat (21/8).

Selain penambahan lima orang dalam satu keluarga tersebut, GTPP Covid-19 Kabupaten Indramayu juga  mengumumkan penambahan satu pasien lainnya. Dengan demikian, terdapat penambahan enam pasien terkonfirmasi positif Covid-19 pada Jumat (21/8).

Penambahan enam kasus positif dalam sehari itu merupakan kasus terbesar yang pernah terjadi di Kabupaten Indramayu. Deden menyebutkan, pasien keenam yang terkonfirmasi positif Covid-19 adalah Tn M (46 tahun), seorang wiraswasta dari Kecamatan Kroya. Pasien adalah pendatang dari Batam yang sudah menetap di Indramayu selama empat tahun.

Sekitar satu bulan yang lalu, pasien pergi ke Jakarta untuk mengambil hasil medical check up guna bekerja ke luar negeri. Sebagai salah satu persyaratan, dilakukan test swab mandiri d RS Hasna Medika pada 19 Agustus 2020. Hasil swab keluar pada 20 Agustus 2020 dan dinyatakan terkonfirmasi Covid 19.

"Saat ini orang-orang yang kontak erat belum terdata akurat, tapi pasien sudah masuk ruang isolasi RS Bhayangkara Indramayu,’’ kata Deden.

Dengan penambahan enam kasus baru tersebut, maka jumlah total kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Indramayu hingga Jumat (21/8) mencapai 72 orang. Dari jumlah tersebut, 52 orang sembuh, enam orang meninggal, dan 14 orang masih dalam perawatan.

Deden pun kembali mengingatkan agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan secara ketat. Hal itu terutama penggunaan masker, menjaga jarak dengan orang lain, dan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir setelah melakukan aktivitas. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement