Jumat 21 Aug 2020 19:35 WIB

Dermaga Marabatuan dan Matasari Siap Dioperasikan

Pembangunan kedua dermaga itu sempat terhenti beberapa tahun.

Dua Dermaga Pelabuhan yakni Dermaga Marabatuan dan Dermaga Matasiri Kotabaru, Kalimantan Selatan yang dibangun oleh Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut siap dioperasikan dan segera dapat melayani masyarakat.
Foto: Humas Ditjen Hubla
Dua Dermaga Pelabuhan yakni Dermaga Marabatuan dan Dermaga Matasiri Kotabaru, Kalimantan Selatan yang dibangun oleh Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut siap dioperasikan dan segera dapat melayani masyarakat.

REPUBLIKA.CO.ID, KOTABARU --  Dua Dermaga Pelabuhan yakni Dermaga Marabatuan dan Dermaga Matasiri Kotabaru, Kalimantan Selatan yang dibangun oleh Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut siap dioperasikan dan segera dapat melayani masyarakat. Kesiapan dua dermaga tersebut diawali dengan dilakukan uji coba penyandaran oleh Kapal Perintis KM. Sabuk Nusantara 93 pada tanggal 19 Agustus 2020 lalu. 

Demikian dikatakan Direktur Kepelabuhanan, Subagiyo, dalam keterangannya yang diterima Republika.co.id, Jumat (21/8) di Jakarta. Menurut Subagiyo, setelah sempat terhenti beberapa tahun akhirnya pembangunan dermaga Marabatuan dan dermaga Matasiri yang terletak di wilayah Pulau Sembilan dan  merupakan wilayah kerja KSOP Kelas III Kotabaru-Batulicin, Kalimantan Selatan  saat ini mencapai tahap minimal operasional dan siap untuk dioperasikan. 

Lebih lanjut, dijelaskan juga bahwa pekerjaan pembangunan dua fasilitas pelabuhan laut yaitu Dermaga Marabatuan dan Dermaga Matasiri telah dimulai pembangunannya sejak tahun 2012. Setelah sempat berhenti beberapa tahun dan menjadi kegiatan KDP (Konstruksi Dalam Penyelesaian) akhirnya pada tahun 2019 pekerjaan pembangunan dilanjutkan dengan menggunakan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Kantor KSOP Kelas III Korabaru-Batulicin, Kalimantan Selatan. 

photo
KN Sabuk Nusantara siap melayani masyarakat Kalsel. - (Humas Ditjen Hubla)

“Alhamdullilah saat ini ke dua fasilitas pelabuhan yakni Dermaga Marabatuan dan Dermaga Matasiri sudah siap dioperasikan untuk melayani mobilitas masyarakat dan lebih menjamin keselamatan pelayaran terutama masyarakat di Pulau Sembilan, Kalimantan Selatan dan sekitarnya," ujar Subagiyo.

Sementara itu, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III  Kotabaru - Batulicin , Capt. M. Hermawan usai memimpin langsung uji coba penyandaran di dermaga Marabatuan dan dermaga Matasiri, Kalimantan Selatan mengatakan bahwa uji coba penyandaran kapal perintis KN. Sabuk Nusantara 93 yang dioperasikan oleh PT. Pelni dengan membawa penumpang sebanyak 102 orang dan barang bahan pokok makanan berjalan lancar dan sukses. Adapun kapal tersebut merupakan kapal perintis yang secara reguler melayani trayek Kota Baru – Batu Licin – Marabatuan – Maradapan – Matasiri, pp.

"Kapal perintis KN. Sabuk Nusantara 93 yang di Nakhodai Capt. Amirudin telah berhasil sandar dengan baik di dua dermaga tersebut. Kapal KN. Sabuk Nusantara 93 bersandar di Dermaga Marabatuan pada tanggal 19 Agustus 2020 pukul 08.30 dan di Dermaga Matasiri sore harinya pukul 17.30 waktu setempat,” kata Capt. Hermawan.

Sebagai informasi, sebelum Dermaga Marabatuan dan Dermaga Matasiri ini bisa dioperasikan, kapal perintis KN. Sabuk Nusantara 93 dan KN. Sabuk Nusantara 99 harus berlabuh di tengah laut dan kegiatan embarkasi dan debarkasi penumpang harus diantar dengan kapal nelayan terlebih dahulu untuk bisa naik ke atas kapal tersebut  sehingga keselamatan pelayaran masyarakat kurang terjamin.

"Dengan demikian keselamatan pelayaran di wilayah kerja pelabuhan Kotabaru dapat dioptimalkan dan juga memberikan kenyamanan untuk para penumpang kapal," ujar Hermawan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement