Jumat 21 Aug 2020 16:06 WIB

YouSure UGM Raih Penghargaan Internasional

ICSB merupakan organisasi non-profit global yang berfokus kepada pemberdayaan UMKM.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Yusuf Assidiq
Kampus UGM.
Foto: Wahyu Suryana.
Kampus UGM.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Youth Studies Centre (YouSure) Fisipol Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta meraih penghargaan International Council for Small Business (ICSB) Presidential Award 2020. Diberikan atas aktivitas positif mendukung pengembangan UKM lewat Soprema.

Soprema sendiri merupakan rangkaian acara sociopreneur muda tingkat nasional yang diinisiasi YouSure Fisipol UGM bersama PT Visitama Tujuh Belas sejak 2016. Diadakan dalam rangka membina semangat sociopreneurship di Indonesia.

Sedangkan, ICSB merupakan organisasi non-profit global yang berfokus kepada pemberdayaan sektor UMKM. ICSB Indonesia aktif sejak 2015 di bawah inisiatif Kementerian Koperasi dan UKM bersama MarkPlus.

ICSB memberikan penghargaan sebagai apresiasi terhadap kinerja institusi yang berkontribusi terhadap pengembangan usaha milik pengusaha kecil dan menengah. Diberikan dalam setiap pelaksanaan Galang UKM Indonesia (GUKMI).

"Terima kasih kepada seluruh pihak yang selama ini membantu dan mendukung kegiatan Soprema dalam rangka mewujudkan pengembangan UMKM di Indonesia," kata Direktur YouSure Fisipol UGM, Muhammad Najib Azca.

Direktur Pelaksana Soprema, Hempri Suyatna, menyampaikan apresiasi kepada ICSB dan MarkPlus atas penghargaan yang diberikan. Ia merasa, penghargaan ini menjadi semangat dan dukungan bagi Soprema mengajak sociopreneur muda.

"Agar dapat ikut andil mendorong kebangkitan ekonomi Indonesia, utamanya akibat krisis ekonomi pada masa pandemi Covid-19 ini," ujar Hempri.

Ia menerangkan, Soprema bertujuan untuk memfasilitasi pemecahan masalah berbasis pemberdayaan sosial melalui kompetisi. Empat tahun terakhir, selain kompetisi juga ada expo dan seminar yang tiap tahun berpusat di Yogyakarta.

"Dengan motto Express Your Creative Passions, diharapkan Soprema mampu menyalurkan dan membina jiwa sociopreneurship pemuda di Indonesia untuk mewujudkan kesejahteraan bagi Indonesia," katanya.

Hingga 2019, Soprema sukses menerima 2.211 peserta sociopreneur dan membantu mengembangkan 360 di antaranya, salah satunya Tenoon. Ini merupakan usaha sosial yang dibentuk atas kecintaan ke warisan budaya kain tenun Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement