Kamis 20 Aug 2020 23:20 WIB

Pesawat Komersial Mendarat Perdana di Bandara Toraja

Wings Air Pesawat komersial pertama yang melakukan pendaratan di Bandara Toraja.

Ilustrasi penerbangan
Ilustrasi penerbangan

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Pesawat milik maskapai Wings Air, bagianLion Air Group, menjadi pesawat komersial perdana, yang mendarat, di Bandara Toraja, Mangkengdek, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Kamis (20/8). Pendaratan pesawat jenis ATR/72-600 itu dilakukan usai uji coba lintasan dengan pesawat jenis kalibrasi Hawker 900 XP milik Kementerian Perhubungan pada pekan lalu.

Pesawat komersial pertama yang melakukan pendaratan perdana itu diawaki Capt Isana Noor Ardi, Capt Petrus Dedi, beserta empat kru kabin dengan membawa penumpang 11 orang di antaranya Wakil Bupati Tana TorajaVictor Datuan Batara dan Area Manajer Wings MakassarRony Paslah.

Baca Juga

"Ada surat dari manajemen Wings Air (Lion Air Group) tentang pemberitahuan provingflight di Bandara Toraja," ujar Kepala Bandara PongtikuPetrus Rentilinggi saat dikonfirmasi soal pendaratan perdana maskapai komersial tersebut.

Victor Datuan Batara mengatakan selama perjalanan dari Bandara Hasanuddin,Makassar ke Bandara Toraja, Mangkengdek dilalui dengan aman. "Kondisinya baik, pendaratan mulus dan waktu tempuh 45 menit," katanya.

Selanjutnya, ia menerangkan Bandara Toraja nantinya mulai beroperasi pada akhir Agustus mendatang. "Penerbangan perdana akan dimulai tanggal 28 Agustus setiap hari Selasa, Rabu, Jumat dan Minggu," ujarnya.

Sebelumnya, Gubernur Sulawesi Selatan M Nurdin Abdullah menuturkan dengan adanya bandara tersebut diharapkan dapat mendorong peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara maupun domestik ke Sulawesi Selatan khususnya Toraja.

"Harapan kita tentu dengan adanya bandara ini akan semakin meningkatkan kunjungan wisata ke Toraja, tidak lagi harus melalui darat dengan waktu tempuh 8-9 jam. Kita berharap pusat memaksimalkan landasan pacu sejauh 2.600 meter,"paparnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement