Thursday, 20 Muharram 1444 / 18 August 2022

Kasus Positif Covid-19 di Kabupaten Cirebon Terus Melonjak

Kamis 20 Aug 2020 19:10 WIB

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Nur Aini

Petugas medis dari Dinas Kesehatan Kota Tangerang melakukan tes usap atau swab test, ilustrasi

Petugas medis dari Dinas Kesehatan Kota Tangerang melakukan tes usap atau swab test, ilustrasi

Foto: ANTARA/Muhammad Iqbal
Tes usap di Kabupaten Cirebon akan ditingkatkan dengan bantuan PCR portable.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON – Kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Cirebon terus mengalami lonjakan setiap harinya. Pemeriksaan swab dengan metode PCR pun semakin ditingkatkan dengan adanya bantuan PCR portable dari Pemprov Jabar.

Berdasarkan informasi yang dirilis Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Cirebon, kasus positif Covid-19 pada Kamis (20/8) bertambah tujuh orang. Sehari sebelumnya juga terdapat penambahan enam kasus positif baru.

Baca Juga

Dengan demikian, total kasus positif Covid-19 di Kabupaten Cirebon hingga Kamis (20/8) tercatat ada 148  orang. Dari jumlah itu, sebanyak 70 orang masih dalam perawatan di RS atau isolasi mandiri, 71 orang dinyatakan sembuh dan tujuh orang meninggal dunia.

Sementara itu, untuk penambahan tujuh kasus baru positif Covid-19 pada hari ini, hanya ada satu orang yang dirawat di RSUD Gunung Jati karena mengalami gejala. Sedangkan enam orang lainnya hanya menjalani isolasi mandiri karena tanpa gejala.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Enny Suhaeni, mengatakan, peningkatan kasus positif Covid-19 itu sejalan dengan meningkatnya tes swab dan upaya pelacakan yang mereka lakukan. Bahkan, tes usap maupun pelacakan akan semakin masif karena pihaknya baru mendapatkan bantuan mesin PCR portable dari Provinsi Jabar.

‘’Mesin ini bisa dibawa kemana-mana, sampai ke pelosok-pelosok buat tracing,’’ tukas Enny.

Enny menambahkan, mesin PCR portabel itu dalam sekali pemeriksaan bisa memeriksa delapan sampel. Hasilnya pun bisa diketahui hanya dalam waktu 45 menit. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA