Kamis 20 Aug 2020 12:47 WIB

Pesawat Gatotkaca Karya BJ Habibie akan Dimuseumkan

Pesawat N250 Gatotkaca karja BJ Habibie akan dimuseumkan.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Bayu Hermawan
Pesawat N250 Gatotkaca karya Presiden Indonesia ke 3, BJ Habibie
Foto: Antara/Raisan Al Farisi
Pesawat N250 Gatotkaca karya Presiden Indonesia ke 3, BJ Habibie

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Pesawat N250 Gatotkaca rancangan BJ Habibie akan dimasukan sebagai koleksi di Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala (Muspusdirla) Lanud Adisutjipto, Yogyakarta. Pesawat pertama buatan Indonesia itu, kini tengah dibawa dari Bandung menuju Yogyakarta, melalui perjalanan darat.

"Ya, kira-kira datang Sabtu (22/8) pagi pukul 08.00 di museum," kata Kapentak Lanud Adisutjipto, Mayor Sus Ambar Rejiyati kepada Republika.co.id, Kamis (20/8).

Baca Juga

Ambar mengatakan, rencananya kedatangan Pesawat Gatotkaca akan diterima Kepala Muspusdirla. Sayangnya, mengingat situasi di Tanah Air masih pandemi Covid-19, akses masuk ke Muspusdirla akan dibatasi.

Karenanya, prosesi kedatangan itu tidak bisa disaksikan langsung masyarakat umum. Penerimaan cuma bisa disaksikan pimpinan-pimpinan Lanud Adisutjipto dan para wartawan lewat protokol ketat. "Itu akan disiarkan langsung dari TIm Dispenau, (masyarakat) bisa melihatnya secara streaming," ujar Ambar.

Seperti diketahui, Gatotkaca merupakan pesawat buatan asli Indonesia pertama yang merupakan rancangan almarhum BJ Habibie. Pada 1995, pesawat itu sempat menggegerkan dunia karena kecanggihan teknologinya.

Perjalanan Gatotkaca dari Bandung menuju Yogyakarta tidak dilakukan melalui perjalanan udara. Gatotkaca, akan menempuh perjalanan darat dari Depohar 10 Lanud Husein Sastranegara menuju Muspusdirla Lanud Adisutjipto. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement