Kamis 20 Aug 2020 10:01 WIB

Ronald Koeman Jadi Pelatih asal Belanda Kelima di Barcelona

Ada lima pelatih asal Belanda yang pernah melatih Barcelona.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Agung Sasongko
Ronald Koeman ditunjuk menjadi pelatih anyar Barcelona menggantikan Quique Setien yang dipecat.
Foto: (AP Photo/Joan Monfort)
Ronald Koeman ditunjuk menjadi pelatih anyar Barcelona menggantikan Quique Setien yang dipecat.

REPUBLIKA.CO.ID,  BARCELONA -- Ronald Koeman menggantikan Quique Setien sebagai pelatih Barcelona. Ia pun jadi pelatih kelima yang pernah jadi juru taktik di Camp Nou.

Pelatih berusia 57 tahun itu pun jadi pemain yang mencetak gol kemenangan di final Liga Champions lawan Sampdoria pada 1992.

Baca Juga

Berikut empat pelatih asal Belanda yang pernah melatih Blaugrana, dikutip dari Marca, 20/8) ;

Rinus Michels

Pencipta 'Total Football' ini adalah orang Belanda pertama yang bergabung ke Barcelona sebagai pelatih, setelah memenangkan Liga Champions bersama Ajax pada 1971. Dia melatih selama tiga tahun dan memenangkan satu trofi liga sebelum bergabung ke tim nasional Belanda. Setelah itu ia melatih ke Ajax, dan kembali lagi ke Barcelona untuk kedua kalinya.

Selama dua tahun ia memenangkan trofi Copa del Rey. Selama jadi pelatih Barcelona, dia membukukan 134 kemenangan, 67 imbang dan 63 kekalahan.

Johan Cruyff

Jika Michel adalah pencipta Total Football, Cruyff adalah murid terbaiknya. Cruyff ditunjuk oleh presiden Jose Nunez pada 1988 dan mengubah sejarah klub. Antara tahun 1988 dan 1996, di mengubah Barcelona jadi salah satu klub terbaik di Eropa, yang pernah juga disebut sebagai the 'Dream Team.

Puncaknya di Wembley pada 1992, saat Barcelona juara Liga Champions untuk pertama kalinya.

Louis van Gaal

Dia jadi pelatih Barcelona pada 1997 sampai 2000, dan membawa beberapa pemain Belanda. Dua musim pertamanya berjalan sukses, saat memenangkan satu gelar liga, dua Copa del Rey dan Piala Super UEFA.

Namun, musim terakhirnya berjalan kacau, sehingga ia hengkang dari klub dan melatih tim nasional Belanda.

Tak lama kemudian mantan pelatih Manchester United itu kembali ke Barca. Van Gaal adalah sosok yang mengorbitkan pemain seperti Xavi Hernandez, Victor Valdes, Andres Iniesta dan Carles Puyol, yang jadi generasi terbaik La Masia.

Frank Rijkaard

Pelatih yang satu ini gabung ke Barcelona pada 2003, dan hampir tak punya pengalaman melatih. Namun itu tak membuatnya jadi pelatih ecek-ecek. Karena usai puasa gelar sejak 1999, Barcelona pun meraih trofi Liga Champions kedua, dua gelar liga dan dua Piala Super Spanyol. Ronaldinho, Eto'o dan Deco, adalah pemain yang didatangkan, untuk main bersama Xavi, Iniesta dan Messi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement