Rabu 19 Aug 2020 21:56 WIB

Pedagang Kelontong Hingga Telur Gulung Dapat Banpres

Bantuan senilai Rp 2,4 juta diserahkan langsung Presiden Joko Widodo, Rabu (19/8)

Presiden Joko Widodo (Jokowi)
Foto: YouTube
Presiden Joko Widodo (Jokowi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejumlah pedagang mikro dan kecil mulai dari pedagang kelontong hingga pedagang telur gulung bersyukur mendapat Bantuan Presiden (Banpres) Produktif. Bantuan senilai Rp 2,4 juta itu diserahkan langsung Presiden Joko Widodo, Rabu (19/8).

Rasa syukur itu disampaikan langsung para pedagang kepada Presiden Jokowi dalam acara penyerahan bantuan modal kerja di halaman tengah Istana Merdeka Jakarta. "Alhamdulillah saya dapat kabar baik kemarin, katanya saya dapat bantuan di Istana. Terima kasih Pak Jokowi, semoga usaha saya lancar kembali, semoga Bapak sehat selalu bersama keluarga," ujar pedagang kelontong rumahan asal Jakarta, Wiwiek saat menerima bantuan dari Presiden di Jakarta.

Baca Juga

Kepada Jokowi, Wiwiek menyampaikan bahwa dirinya berjualan kelontong di rumah. Mulai dari kopi, mi instan dan lain-lain. Sebelum pandemi, dia bisa mendapatkan omzet Rp 700 ribu hingga Rp 1 juta. Namun selama pandemi ini omzetnya turun hingga menjadi Rp 100 ribu per hari.

"Sekarang dapat Rp 100 ribu saja sudah bersyukur. Minim banget. Saya punya empat orang anak, SD, SMP, SMA dan kuliah. Sangat sulit. Suami saya juga kerja harian bukan pegawai," ujar Wiwiek.

Wiwiek menyampaikan sangat bersyukur atas bantuan yang diberikan Presiden. Selain Wiwiek, dalam kesempatan itu hadir pula pedagang telur gulung  dari Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, bernama Iin. Iin menyampaikan sebelum pandemi Covid-19 melanda, dia biasa menjajakan dagangan bagi tamu wisata Pulau Pramuka. Namun semenjak pandemi Covid-19 omzetnya menurun. Dia berharap modal kerja yang diberikan Presiden akan bermanfaat bagi dirinya bersama keluarga.

Sementara itu Presiden Joko Widodo menyampaikan sangat memahami kesulitan yang dihadapi para pedagang di masa pandemi.

Diperkirakan pada Januari 2021 atau lebih cepat, Indonesia sudah akan memulai vaksinasi dan segalanya akan kembali ke situasi normal layaknya sebelum pandemi.

Presiden menekankan bahwa pada suatu saat bangsa Indonesia akan kembali kepada keadaan normal. "Sebelum ketemu vaksin, kita harus kerja lebih keras," ujar Presiden.

Sedangkan terkait tempat wisata, Presiden mengatakan bahwa daerah wisata sudah mulai merangkak naik. Namun dia menekankan bahwa pembukaan daerah wisata harus dilakukan pelan-pelan tidak dapat serta merta secara langsung.

Presiden RI Joko Widodo memberikan Banpres Produktif senilai Rp 2,4 juta per orang, kepada perwakilan para pedagang mikro dan kecil di halaman tengah Istana Merdeka Jakarta. Bantuan ini ditargetkan untuk diberikan kepada 9,1 juta pedagang/pengusaha mikro dan kecil di seluruh Indonesia, mulai pekan depan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement