Rabu 19 Aug 2020 13:34 WIB

Pertashop Hadir Perdana di Aceh

Pertashop disuplai langsung oleh Pertamina.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Fuji Pratiwi
Pertashop Pertamina memudahkan warga mendapatkan BBM maupun elpiji. Aceh menjadi provinsi ke-20 yang menghadirkan Pertashop dari Pertamina.
Foto: Pertamina
Pertashop Pertamina memudahkan warga mendapatkan BBM maupun elpiji. Aceh menjadi provinsi ke-20 yang menghadirkan Pertashop dari Pertamina.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aceh menjadi provinsi ke-20 yang menghadirkan Pertashop dari Pertamina.

Gampong Seureuke di Kecamatan Langkahan, Kabupaten Aceh Utara menjadi lokasi perdana hadirnya Pertashop besutan Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I. Di  Kabupaten Aceh Utara terdapat sembilan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Namun, tak semua SPBU dapat menjangkau wilayah pelosok.

Baca Juga

Pertashop merupakan lembaga penyalur bahan bakar minyak (BBM) resmi Pertamina berskala kecil. Dibangun dan dioperasikan untuk melayani kebutuhan warga yang berada di pelosok.

"Berbeda dengan pengecer BBM tak resmi, Pertashop disuplai langsung oleh Pertamina," ujar Unit Manager Communication, Relation, & CSR MOR I M Roby Hervindo.

Pertashop Gampong Seureuke sudah beroperasi sejak 15 Agustus. Menyediakan Pertamax dengan harga sama seperti di SPBU, yaitu Rp. 9.000 per liter. Ke depan, tambah Roby, Pertamina menargetkan tambahan 19 lokasi Pertashop di Aceh. Tersebar di Kabupaten Aceh Utara, Bener Meriah, Bireuen, Aceh Besar, Aceh Jaya, Aceh Barat dan Nagan Raya.

Keberadaan Pertashop, dapat mendongkrak perekonomian lokal. Karena Pertashop dikerjasamakan dengan pengusaha lokal dan/atau BUMDes.

Geuchik Aziz Rusmono, pengelola Pertashop di Gampong Seureuke, menyampaikan, adanya Pertashop menambah penghasilan BUMDes. "Juga membuat warga dapat menikmati BBM dan Elpiji berkualitas dengan harga yang sama seperti warga di kota," ujarnya.

Selain Pertamax, Pertashop juga menyediakan produk unggulan Pertamina yang lain seperti Bright Gas dan Pelumas.

Di Aceh sendiri, konsumsi BBM berkualitas terus mengalami peningkatan dibandingkan bulan sebelumnya. Seperti Pertamax Turbo yang meningkat 23 persen, Pertamax naik 9 persen dan Pertalite 8 persen. Konsumsi Pertamina Dex juga mengalami peningkatan dibanding bulan lalu sebesar 44 persen dan untuk Dexlite meningkat 26 persen.

Di sektor elpiji, antusiasme masyarakat Aceh dalam penggunaan elpiji nonsubsidi Bright Gas juga terus mengalami peningkatan. Varian 12 Kg konsumsinya naik mencapai 57 persen. Sedangkan Bright Gas 5,5 Kg turut meningkat 23 persen, berbanding bulan sebelumnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement